Ilham, Mohammad Akbar (2025) IMPLEMENTASI METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK SISTEM PERAMALAN PENJUALAN ALAT MUSIK BERBASIS WEBSITE(STUDI KASUS : EMMANUEL MUSIC CENTER MALANG). Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
EMC-Emmanuel Music Centre merupakan sebuah perusahaan yang menjual alat musik dan sound system dengan tujuan untuk memajukan musik dan profesional audio di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi penjualan bulanan alat musik sehingga pengelolaan data menjadi lebih terorganisir, sekaligus memungkinkan penyusunan strategi penjualan yang lebih efektif. Metode yang digunakan adalah Double Exponential Smoothing, salah satu teknik peramalan dalam analisis data mining. Subjek penelitian adalah data penjualan alat musik perusahaan, dengan populasi mencakup data transaksi penjualan yang berlangsung selama 25 bulan dari Januari 2022 hingga Januari 2024. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampling purposif, yang difokuskan pada data transaksi produk tertentu dengan volume penjualan tertinggi. Data diperoleh melalui wawancara, observasi langsung proses penjualan, dan kajian dokumen terkait strategi pemasaran. Hasil pengolahan menunjukkan bahwa metode Double Exponential Smoothing menghasilkan peramalan dengan nilai rata-rata MAE sebesar 8,12, termasuk dalam kategori sangat baik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan hasil peramalan untuk pengelolaan stok barang dan penyesuaian strategi pemasaran musiman agar lebih efisien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Mohammad Akbar Ilham (2118091) |
Uncontrolled Keywords: | Data Mining, Double Exponential Smoothing, MAE, Penjualan Alat Musik, Peramalan Penjualan |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Mohammad Akbar Ilham |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 02:01 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 02:01 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |