Sistem Rekomendasi Pembelian Paket Makanan dan Minuman Menggunakan Algoritma Apriori

Wibisono, Novianto Aldo (2025) Sistem Rekomendasi Pembelian Paket Makanan dan Minuman Menggunakan Algoritma Apriori. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
2118028_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
2118028_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text
2118028_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
2118028_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text
2118028_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2118028_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
2118028_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (163kB)
[img] Text
2118028_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2023, kontribusi industri kuliner terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif Indonesia mencapai 34% [1], sehingga menciptakan persaingan yang ketat di antara pelaku industri kuliner terutama restoran. Persaingan tersebut menuntut restoran untuk berinovasi tidak hanya dalam segi rasa dan variasi menu, tetapi juga dalam memanfaatkan data pelanggan. Saat ini restoran AK menggunakan sistem point-of-sale (POS) sederhana yang hanya mencatat transaksi tanpa analisis lebih lanjut, sehingga kesulitan dalam memahami pola pembelian pelanggan. Akibatnya, restoran menghadapi tantangan dalam menawarkan paket menu yang relevan, yang dapat menurunkan kepuasan pelanggan dan menghambat pertumbuhan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem rekomendasi paket menu berbasis website menggunakan algoritma Apriori untuk melihat pola pembelian pelanggan. Algoritma Apriori bekerja dengan mencari asosiasi antar item dalam transaksi, lalu mengidentifikasi item yang sering dibeli bersama. Proses ini memungkinkan restoran merancang paket menu yang lebih sesuai dengan preferensi pelanggan. Algoritma ini dipilih karena kemampuannya untuk mengidentifikasi pola pembelian pelanggan dengan cepat dan efisien. Penerapan sistem ini dilakukan menggunakan data per hari selama tiga bulan. Dengan menetapkan nilai minimal support sebesar 85% dan minimal confidence sebesar 100% hasilnya menunjukkan bahwa sistem dapat membuat rekomendasi paket menu yang lebih relevan, meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendukung peningkatan penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Novianto Aldo Wibisono (2118028)
Uncontrolled Keywords: industri kuliner, data pelanggan, pola pembelian pelanggan, algoritma apriori
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Novianto Aldo Wibisono
Date Deposited: 12 Feb 2025 05:20
Last Modified: 12 Feb 2025 05:20
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15442

Actions (login required)

View Item View Item