Mahardika, Esa Arya (2025) CHATBOT UNTUK ASISTEN DOKTER DENGAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING (STUDI KASUS: IKS AN-NUR II BULULAWANG). Skripsi thesis, ITN MALANG.
![]() |
Text (BAGIAN AWAL)
2118145_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (652kB) |
![]() |
Text (BAB I)
2118145_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (97kB) |
![]() |
Text (BAB II)
2118145_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (199kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
2118145_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (440kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
2118145_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (640kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
2118145_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (32kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2118145_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (148kB) |
![]() |
Text
2118145_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penyakit merupakan salah satu masalah bagi manusia baik penyakit ringan lebih - lebih penyakit kronis. Manusia telah mempelajari tentang bagaimana menangani permasalahan penyakit dari zaman ke zaman demi kesejahteraan manusia. Seiring waktu populasi manusia bertambah dan penyakit semakin banyak baik yang dapat diobati maupun tidak sehingga manusia membangun fasilitas-fasilitas Kesehatan. Fasilitas tersebut dapat berupa rumah sakit, puskesmas, maupun klinik. Penciptaan teknologi chatbot telah menjadi salah satu perkembangan signifikan dalam interaksi manusia-mesin serta komunikasi di era digital yang terus berkembang pesat. Instansi Kesehatan Santri (IKS) An-Nur II adalah klinik untuk pengobatan santri di dalam pondok pesantren An-Nur II. Klinik ini beroperasi mulai jam 08.30 hingga 19.30. Kendala yang terjadi adalah sering terjadi antrean yang panjang untuk didiagnosis oleh dokter dengan waktu operasi klinik yang relatif singkat serta waktu santri yang terbatas karena kegiatan pesantren menyebabkan pelayanan kurang maksimal. Maka dari itu diperlukan penelitian tentang asisten dokter berupa chatbot agar dapat membantu memberikan solusi bagi santri yang sakit ketika IKS tidak beroperasi. Hasil perhitungan confusion matrix dari pengujian model dengan Natural Language Processing mendapatkan nilai recall sebesar 90,5% yang artinya model mampu menemukan kembali informasi. Nilai precision sebesar 95% menunjukkan tingkat keakuratan antara data yang diinginkan pengguna dengan hasil aktual yang diberikan. Nilai accuracy sebesar 90% menunjukkan persentase percakapan benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Esa Arya Mahardika (2118145) |
Uncontrolled Keywords: | chatbot, penyakit ringan, LSTM, NLP, flask |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Esa Arya Mahardika |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:08 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:08 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15469 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |