PERANCANGAN GAME 3D REVENGE OF LEMBU SURO DENGAN METODE FSM BERBASIS DESKTOP

Sakti, Aria (2025) PERANCANGAN GAME 3D REVENGE OF LEMBU SURO DENGAN METODE FSM BERBASIS DESKTOP. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
bagian awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (998kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (17MB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri game modern berkembang pesat dan menjadi salah satu sektor hiburan terpopuler. Game berbasis cerita tradisional lokal, seperti legenda Lembu Suro dari Jawa Timur, menawarkan media yang efektif untuk melestarikan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang game 3D berbasis desktop yang mengangkat cerita Lembu Suro dengan menggunakan metode Finite State Machine (FSM). FSM dipilih karena kemampuannya untuk memetakan perilaku dinamis dan logis pada karakter non-pemain (NPC).Hasil pengujian menunjukkan responsivitas kontrol yang sangat baik dengan rata-rata waktu respons sebesar 124 ms, sementara tingkat kepuasan pemain mencapai skor rata-rata 8 dari 10, mencakup aspek kontrol, gameplay, dan tingkat kesulitan. Game ini tidak hanya menghadirkan pengalaman bermain yang interaktif, tetapi juga berkontribusi dalam pelestarian budaya lokal melalui representasi visual dan naratif cerita rakyat Jawa Timur. Selain itu, implementasi FSM memberikan inovasi teknologi dalam perilaku adaptif NPC, meningkatkan pengalaman bermain yang lebih realistis dan dinamis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aria Pramudia Eka Sakti (2118010)
Uncontrolled Keywords: : Game 3D, Finite State Machine, Lembu Suro, Budaya Lokal, Unity, Digital Sculpting, Desktop
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Aria Pramudia Eka Sakti
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:01
Last Modified: 14 Feb 2025 07:01
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15477

Actions (login required)

View Item View Item