IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE (FSM) DAN LINE OF SIGHT (LoS) DALAM PERANCANGAN GAME 2D PETUALANGAN RADEN PANJI INU KERTAPATI

Khanan Alqutbhi, Latief (2025) IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE (FSM) DAN LINE OF SIGHT (LoS) DALAM PERANCANGAN GAME 2D PETUALANGAN RADEN PANJI INU KERTAPATI. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1818065_BAGIANAWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (832kB)
[img] Text
1818065_BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (264kB)
[img] Text
1818065_BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
1818065_BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text
1818065_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1818065_BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
1818065_DAFTARPUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (179kB)
[img] Text
1818065_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1818065_Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (554kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan game modern membutuhkan implementasi kecerdasan buatan (AI) yang efektif, terutama untuk mengatur perilaku NonPlayer Character (NPC). Penelitian ini bertujuan mengembangkan game 2D berbasis Android berjudul "Petualangan Raden Panji Inu Kertapati" dengan mengimplementasikan metode Finite State Machine (FSM) dan Line of Sight (LoS) untuk memberikan kecerdasan buatan pada NPC agar menciptakan mekanisme permainan yang dinamis dan efisien. FSM digunakan untuk mengatur state dan transisi perilaku NPC, sementara LoS mengatur kemampuan NPC dalam mendeteksi keberadaan pemain berdasarkan garis pandang. Berdasarkan hasil pengujian fungsional didapat tingkat keberhasilan 100% sesuai. Pengujian metode FSM dan LoS didapat hasil 100% sesuai dan pengujian yang dilakukan kepada 15 user didapatkan hasil 84,44% pemain menyatakan game berjalan dengan baik. Jadi secara keseluruhan, sebagian besar pemain menyatakan bahwa game "Petualangan Raden Panji Inu Kertapati" berjalan dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Latief Khanan Alqutbhi (1818065)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Latief Khanan Alqutbhi
Date Deposited: 18 Feb 2025 04:35
Last Modified: 18 Feb 2025 04:35
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15503

Actions (login required)

View Item View Item