Khanan Alqutbhi, Latief (2025) IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE (FSM) DAN LINE OF SIGHT (LoS) DALAM PERANCANGAN GAME 2D PETUALANGAN RADEN PANJI INU KERTAPATI. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
Pengembangan game modern membutuhkan implementasi kecerdasan buatan (AI) yang efektif, terutama untuk mengatur perilaku NonPlayer Character (NPC). Penelitian ini bertujuan mengembangkan game 2D berbasis Android berjudul "Petualangan Raden Panji Inu Kertapati" dengan mengimplementasikan metode Finite State Machine (FSM) dan Line of Sight (LoS) untuk memberikan kecerdasan buatan pada NPC agar menciptakan mekanisme permainan yang dinamis dan efisien. FSM digunakan untuk mengatur state dan transisi perilaku NPC, sementara LoS mengatur kemampuan NPC dalam mendeteksi keberadaan pemain berdasarkan garis pandang. Berdasarkan hasil pengujian fungsional didapat tingkat keberhasilan 100% sesuai. Pengujian metode FSM dan LoS didapat hasil 100% sesuai dan pengujian yang dilakukan kepada 15 user didapatkan hasil 84,44% pemain menyatakan game berjalan dengan baik. Jadi secara keseluruhan, sebagian besar pemain menyatakan bahwa game "Petualangan Raden Panji Inu Kertapati" berjalan dengan baik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Latief Khanan Alqutbhi (1818065) |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Latief Khanan Alqutbhi |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 04:35 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 04:35 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |