Al-Kholis, Hendra Nurjaya (2017) Analisis Sistem Antrian Pada Proses Pelayanan Konsumen Rumah Makan Kober Mie Setan Malang. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
|
Text
Hendra Nurjaya Al-Kholis.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam penelitian kali ini akan membahas tentang sistem antrian yang terjadi pada antrian konsumen di stasiun pelayanan. Setiap industri jasa dituntut untuk menjalankan sistemnya dengan cara meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses dalam segi waktu. Baiknya efektifitas dan efisiensi tersebut merupakan indikator bahwa perusahaan tersebut memiliki performa yang baik. Pada Rumah Makan Kober Mie Setan Malang sendiri terdapat 1 stasiun pelayanan yang dipekerjakan untuk melayani konsumen yang meliputi proses pemesanan menu dan transaksi pembayaran. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi kinerja sistem antrian stasiun pelayanan di Rumah Makan Kober Mie Setan Malang sehingga diperoleh penurunan jumlah antrian konsumen. Metode yang digunakan adalah metode simulasi dengan software Arena 10.0. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan simulasi untuk menggambarkan atau merepresentasikan proses dari sistem nyata pada stasiun pelayanan. Untuk kriteria terjadinya antrian diperlukan untuk mengolah data waktu antar kedatangan dan waktu antar pelayanan yang di dapatkan hasil pengamatan langsung dengan bantuan stopwatch. Data tersebut digunakan untuk menghitung analisis stastistik waktu antar kedatangan dan waktu antar pelayanan yang selanjutnya hasil analisis statistik digunakan untuk simulasi Arena 10.0 dan Process Analyzer Arena 10.0 untuk membuat skenario-skenario usulan perbaikan. Berdasarkan hasil simulasi arena 10.0 yang dilakukan, rata-rata kedatangan konsumen pada kondisi sepi jam 12.00-14.00,16.00-18.00 dan 22.00-24.00, ramai jam 14.00-16.00, 18.00-22.00 dan jam 16.00-18.00 pada hari Sabtu dan Minggu. Pada kondisi ramai antrian sangat tinggi, maka di perlukan perbaikan sistem pada stasiun pelayanan dengan membuat skenario 1, 2 dan 3 dengan bantuan process analyzer software Arena10.0, hasil beberapa skenario yang telah dirancang dan dijalankan dengan bantuan process analyzer software Arena 10.0 dipilih skenario 2.karena penurunan jumlah antrian yang optimal. Pada skenario 2 mengasumsikan penambahan satu fasilitas stasiun pelayanan. Maka model antrian yang cocok adalah Multi Channel-Single Phase (M/M/2) ; (FCFS) dimana terdapat fasilitas 2 stasiun pelayanan pada kondisi ramai jam 14.00-16.00, 18.00-22.00 dan jam 16.00-18.00 pada hari sabtu dan minggu. Usulan penambahan stasiun digunakan hanya pada kondisi ramai saja.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Hendra Nurjaya Al-Kholis (1313082) |
| Uncontrolled Keywords: | Arena 10.0, Simulasi, Stasiun Pelayanan, Sistem Antrian |
| Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi) |
| Depositing User: | Handoyo Eka |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 05:53 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 05:53 |
| URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
