TIPOLOGI PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN PADA SUBAK DI KELURAHAN UBUD (TYPOLOGY OF LAND USE CHANGE IN SUBAK IN KELURAHAN UBUD)

Ediastini, Sang Ayu Tisna (2018) TIPOLOGI PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN PADA SUBAK DI KELURAHAN UBUD (TYPOLOGY OF LAND USE CHANGE IN SUBAK IN KELURAHAN UBUD). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional malang.

[img] Text
SKRIPSI 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (496kB)

Abstract

ABSTRAK Perubahan penggunaan lahan khususnya yang terjadi di Provinsi Bali dimana dengan meningkatnya pariwisata maka kebutuhan akan lahan juga makin meningkat. Kelurahan Ubud merupakan salah satu destinasi wisata di Provinsi Bali yang menyebabkan peningkatan permintaan lahan di Ubud sehingga terjadi perubahan penggunaan lahan. Penelitian ini untuk mengetahui tipe dan faktor yang menyebabkan perubahan penggunaan lahan yang terjadi di Kelurahan Ubud. Pendekatan atau metode yang dilakukan adalah mengidentifikasi perubahan penggunaan lahan dengan menggunakan aplikasi GIS yaitu Overlay Peta, lalu mengidentifikasi faktor dengan analisis stakeholder dan analisis delphi, dan untuk melihat tipe perubahannya menggunakan analisis deskriptif. Perubahan penggunaan lahan yang terjadi di Kelurahan Ubud teridentifikasi memiliki tipe perubahan yang terdiri dari tipe konversi gradual dimana terjadi karena faktor lahan kering dan faktor terhimpit permukiman. Adapun tipe tipe konversi multi bentuk dimana faktor pembangunan jalan dan faktor lokasi lahan. Sedangkan beberapa tipe lainnya yaitu adalah karena faktor sosial dimana faktor standar tuntutan hidup dan faktor nilai jual lahan dan juga faktor konversi tanpa beban yang dipengaruhi oleh adanya peluang kerja disektor lain dimana para petani yang beralih ke sektor pariwisata. Kata Kunci : tipologi, perubahan lahan, subak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tipologi, perubahan lahan, subak
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Eddy Supriadi
Date Deposited: 12 Jan 2019 01:51
Last Modified: 06 Mar 2019 01:20
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item