WARDANA, ALI (2025) PERENCANAAN MODIFIKASI DESAIN CHASIS DAN KEMUDI PADA KONTES MOBIL HEMAT ENERGI. Tugas Akhir thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
|
Text
Laporan Tugas Akhir Ali Wardana fix - ALI WARDANA.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Desain Chasis dan Kemudi pada Kontes Mobil Hemat Energi sangat penting dalam pengembangan kendaraan hemat energi. Tujuan dari perencanaan ini adalah merancang chasis dan sistem kemudi dengan menerapkan material yang ringan namun tetap kuat, serta desain yang optimal sesuai dengan standar Kontes Mobil Hemat Energi. Dengan perencanaan tersebut, diharapkan kendaraan yang dirancang tidak hanya mampu mencapai efisiensi energi yang tinggi, tetapi juga memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan. Metode yang diterapkan dalam perencanaan desain chasis dan kemudi pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) diawali dengan perencanaan konsep, penyajian gambar, serta identifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam perencanaan desain chasis dan kemudi tersebut. Hasil dari perhitungan tegangan pada chasis dan radius putar kemudi pada kontes mobil hemat energi didapat hasil untuk tegangan dengan menggunakan besi hollow 2x4 cm, tebal 1,2 dengan beban 1000 N didapat hasil 7,25Mpa dan radius putar dengan sudut kemudi 20⁰ didapatkan hasil radius putar kendaraan 5,14 m.
| Item Type: | Thesis (Tugas Akhir) |
|---|---|
| Additional Information: | ALI WARDANA (2251012) |
| Uncontrolled Keywords: | Chasis, Sistem kemudi, KMHE, Modifikasi |
| Subjects: | Engineering > Mechanical Engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin DIII > Tekniki Mesin DIII(Tugas Akhir) |
| Depositing User: | Ali Wardana |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 03:07 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 03:07 |
| URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
