KUALITAS PELAYANAN PADA UPT PEMADAM KEBAKARAN KOTA MALANG DENGAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Setyawan, Made Suandika (2017) KUALITAS PELAYANAN PADA UPT PEMADAM KEBAKARAN KOTA MALANG DENGAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
I Made Suandika Setyawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang adalah yang bergerak di bawah wewenang Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPUPPB). Tujuan dari penelitian ini adalah utuk mengetahui kualitas playanan yang di berikan oleh UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang dan mengetahui prioritas pelayanan yang harus di perbaiki pada UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang. Pengukuran kualitas pelayanan jasa dapat diukur menggunakan dua metode yakni Servqual dan Importance Performance Analysis. Pada metode Servqual menggunakan lima dimensi yakni Tangible, Reliability, Responsibility, Assurance Dan Empathy dengan menggunakan skala likert. Sedangkan pada metode Importance Performance Analysis yaitu dengan merangking tingkat kepentingan kinerja dengan menggunakan Diagram Cartesius. Pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari analisa metode Servqual didapatkan nilai -0.90 yang menunjukan bahwa kepuasan korban dapat dikatakan buruk karena memiliki nilai bertanda negatif. Sedangkan hasil dari analisa metode Importance Performance Analysis didapatkan 6 atribut yang menempati kuadran A yakni kuadran yang harus sangat diperhatikan karena keberadaanya sangat penting namun kinerja karyawan rendah. enam atribut tersebut yakni sikap sigap, cepat, tanggap petugas, petugas melakukan tugas dengan baik, memberikan pelayanan yang baik dan sopat terhadap korban, petugas bisa mengendalikan suasana kejadian, sikap simpati petugas, kemampuan memberikan citra baik petugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Made SuandikaSetyawan (1313035)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Servqual, Importance Performance Analysis, Kepuasan korban bencana kebakaran
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:08
Last Modified: 04 Dec 2025 04:08
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15790

Actions (login required)

View Item View Item