PERENCANAAN STRATEGI UNTUK PENGEMBANGAN USAHA SARI BUAH NAGA (Studi Kasus di UD Nagawangi Alam Sejahtera-Singosari-Malang)

KURNIAWAN, VICKY (2017) PERENCANAAN STRATEGI UNTUK PENGEMBANGAN USAHA SARI BUAH NAGA (Studi Kasus di UD Nagawangi Alam Sejahtera-Singosari-Malang). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
SKRIPSI_VICKYKURNIAWAN_1313010_TEKNIKINDUSTRIS-1.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sari Buah Naga merupakan salah satu inovasi pengolahan buah menjadi minuman yang mudah dikonsumsi dengan memiliki potensi pengembangan yang baik. Potensi sari buah naga ini membuat persaingan yang tinggi terjadi pada beberapa usaha, khususnya yang memproduksi sari buah naga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal UD Nagawangi Alam Sejahtera. Selain itu, untuk mengetahui peta posisi strategis serta mendapatkan perencanaan strategi yang tepat dalam upaya mengembangkan usaha Sari Buah Naga di UD Nagawangi Alam Sejahtera. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari hasil wawancara dan kuesioner, serta data dari arsip atau dokumen perusahaan. Penelitian dimulai dengan menentukan variabel SWOT yang sesuai dengan keadaan dan kondisi UD Nagawangi Alam Sejahtera dan selanjutnya dapat melakukan analisis faktor lingkungan internal dan eksternal. Setelah menganalisis selanjutnya menghitung faktor-faktor tersebut dengan model Rating Scale yaitu dengan IFE dan EFE untuk menguantitatifkan data kualitatif tersebut. Perhitungan tersebut untuk mengetahui peta posisi strategis. Dengan peta posisi kuadran tersebut didapatkan juga strategi 4P yang sesuai dengan posisi UD Nagawangi Alam Sejahtera. Berdasarkan analisis lingkungan faktor-faktor internal dan eksternal sebelumnya juga didapatkan empat set alternatif strategi dari hasil tabel matriks SWOT. Strategi tersebut selanjutnya dilakukan pembobotan perioritas strategi dengan metode ANP. Dari hasil analisis dan perhitungan diperoleh faktor-faktor internal dan eksternal yaitu kekuatan, kelemahan serta peluang dan ancaman. Didapatkan pula peta posisi strategis yang berada pada kuadran I yaitu strategi Aggressive. Dengan hasil tersebut diperoleh strategi 4P dalam kuadran agresif yang dapat diterapkan oleh UD Nagawangi Alam Sejahtera. Berdasarkan hasil analisis faktor-faktor (Internal-Eksternal) didapatkan empat set alternatif strategi yaitu SO,WO,ST,WT. Strategi tersebut dibobotkan berdasarkan tingkat kepentingannya. Nilai bobot tertinggi yaitu pengajuan modal untuk pengembangan alat dan kemasan (WO2).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: VICKY KURNIAWAN (1313010)
Uncontrolled Keywords: SWOT, Perencanaan Strategis, Sari Buah Naga
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:39
Last Modified: 05 Dec 2025 03:39
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15862

Actions (login required)

View Item View Item