OPTIMASI DESAIN SISTEM KONVERTER LPG DENGAN MODEL WATER COOLING PORT FUEL INJECTION KONTROL ARDUINO UNTUK OPTIMASI UNJUK KERJA MESIN OTTO 4 LANGKAH

Wijaksana, I Wayan Wahyu Sastra (2015) OPTIMASI DESAIN SISTEM KONVERTER LPG DENGAN MODEL WATER COOLING PORT FUEL INJECTION KONTROL ARDUINO UNTUK OPTIMASI UNJUK KERJA MESIN OTTO 4 LANGKAH. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
SKRIPSI (5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Untuk mengurangi penurunan daya mesin pada bahan bakar LPG dengan konverter LPG konvensional yang menggunakan vacuum valve kontrol mekanis pada modifikasi mesin berbahan bakar besin menjadi mesin berbahan bakar LPG akibat kurangnya efek pendinginan (cooling effect) pada campuran udara-bahan bakar LPG maka pada penelitian ini memfokuskan terhadap optimasi unjuk kerja mesin dengan menggunakan konverter model port fuel injection water cooling kontrol elektronik Arduino. Konverter LPG pada penelitian ini dirancang sesuai dengan evaluasi terhadap kekurangan pada konverter konvenional pada penelitian – penelitian sebelumnya begitu juga dengan radiator untuk pendinginan air (water cooling) dirancang sedemikian rupa sesuai dengan parameter spefikasi mesin yang telah dihitung secara teoritis. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan konverter port fuel injection dengan air pendingin dan tanpa air pendingin yang kemudian hasilnya dibandingkan dengan konverter konvensional. pengujian dilakukan pada mesin YAMAMAX 160 cc, dengan kondisi mesin standart. Pada mesin uji ini akan dipasang seperangkat alat elektronik dan sensor – sensor sebagai kontrol bahan bakar yang masuk ke mesin. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah putaran mesin mengalami kenaikan menjadi 5000 rpm dimana pada konverter konvensional putaran mesin maksimal hanya sebesar 3700 rpm. Dari ketiga jenis variasi konverter yang diteliti prestasi mesin tertinggi dicapai oleh konverter port fuel injection dengan air pendingin (water cooling) dengan daya 3.158 HP, torsi 5.630 Nm, dan BSFC 0.272kg/kW.h kemudian diurutan kedua konverter port fuel injection tanpa air pendingin dengan daya 2.888 HP, torsi 5.147 Nm dan BSFC 0.270 kg/kW.h dan terakhir adalah konverter konvensional dengan daya 1.674 HP, torsi 3.410 Nm dan BSFC 0.257 kg/kW.h. Efisiensi volumetrik tertinggi mampu dicapai sebesar 59.28% pada konverter port fuel injection water cooling (baik dengan dan tanpa air pendingin) dimana jika dibandingkan dengan konverter konvensional yang hanya 31.05% yang relatif lebih rendah. Penggunaan sistem injeksi model port fuel injection kontrol Arduino dengan penambahan pendinginan air (water cooling) pada bagian outlet konverter (sisi inlet mesin) dapat mengoptimalkan unjuk kerja mesin yang dihasilkan dibandingkan dengan konverter LPG konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Konverter LPG, Unjuk Kerja Mesin, Efek Pendinginan, Injeksi Arduino
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Dewi Saraswati
Date Deposited: 10 Dec 2025 05:47
Last Modified: 10 Dec 2025 05:47
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item