STUDI DAMPAK BEROPERASINYA GIANT SAWOJAJAR MALANG TERHADAP KINERJA SIMPANG JALAN DANAU TOBA DAN SIMPANG JALAN RANUGRATI

Putri, Nur Riska Amalia (2018) STUDI DAMPAK BEROPERASINYA GIANT SAWOJAJAR MALANG TERHADAP KINERJA SIMPANG JALAN DANAU TOBA DAN SIMPANG JALAN RANUGRATI. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Untitled(46).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pada akhir tahun 2016 terjadi perubahan tata guna lahan disekitar simpang Jalan Danau Toba dan simpang Jalan Ranugrati yaitu didirikannya pusat perbelanjaan yang baru Giant Sawojajar Malang yang terletak di Jalan Danau Toba, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Malang. Pusat perbelanjaan Giant Sawojajar Malang berada disalah satu titik keramaian mengakibatkan pembangunan ini menyebabkan terjadinya bangkitan dan tarikan pergerakan lalu lintas pada simpang jalan sekitar Giant Sawojajar Malang. Dari perubahan tata guna lahan dan permasalahan yang ada maka perlu dilakukan suatu evaluasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bangkitan dan tarikan akibat beroperasinya Giant Sawojajar Malang terhadap simpang Jalan Danau Toba dan simpang Jalan Ranugrati. Dalam menunjang studi ini diperlukan data volume dan antrian kendaraan dengan survei lapangan pada kondisi eksisting yang dilaksanakan selama tiga hari dimulai pada hari Sabtu, 17 Februari 2018 sampai dengan Senin, 19 Februari 2018. Analisa kinerja simpang bersinyal menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 untuk perhitungan derajat kejenuhan, antrian, dan tundaan. Untuk evaluasi tingkat pelayanan jalan atau kinerja simpang menggunakan Peraturan Menteri Perhubungan No. 96 tahun 2015. Berdasarkan hasil analisa bangkitan dan tarikan Giant Sawojajar Malang didapatkan nilai trip rate kendaraan terbesar terjadi pada hari Minggu, dengan trip rate sebesar 0,2306 kend/m2/15menit untuk kendaraan motor masuk dan 0,1855 kend/m2/15menit untuk kendaraan motor keluar, sedangkan kendaraan mobil masuk sebesar 0,0905 kend/m2/15menit dan mobil keluar sebesar 0,0859 kend/m2/15menit. Hasil kinerja simpang Jalan Danau Toba didapatkan volume arus lalu lintas tertinggi terjadi pada hari Minggu sebesar 1539 skr/jam, derajat kejenuhan 0,89 dan tundaan kendaraan 17,65 det/skr dengan tingkat pelayanan jalan C, untuk simpang Jalan Ranugrati volume arus lalu lintas tertinggi terjadi pada hari Senin sebesar 2148 skr/jam, derajat kejenuhan 1,06 dan tundaan kendaraan 136,30 det/skr dengan tingkat pelayanan jalan F. Besar pengaruh dampak beroperasinya Giant Sawojajar terhadap kinerja simpang Jalan Danau Toba terbesar terjadi pada hari Minggu, jam puncak sore hari pukul 18.45 – 19.45 sebesar 5,93%. Dan kinerja simpang sebelum dan sesudah beroperasinya Giant Sawojajar dilihat dari Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) jalan tidak mengalami perubahan atau tetap. Besarnya derajat kejenuhan pada kedua simpang tidak dipengaruhi oleh dampak beroperasinya Giant Sawojajar, tetapi dipengaruhi oleh perkembangan arus lalu lintas dan pengaruh dari bangkitan atau tarikan tempat lain disekitar kawasan permukiman Giant Sawojajar Malang. Kata Kunci : bangkitan-tarikan, trip rate, kinerja persimpangan, dampak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : bangkitan-tarikan, trip rate, kinerja persimpangan, da
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susi Rahmania
Date Deposited: 14 Feb 2019 01:45
Last Modified: 13 Mar 2019 04:06
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item