STUDI EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL JALAN PANJI SUROSO-JALAN SUNANDAR PRIYO SUDARMO-JALAN LAKSANA ADI SUCIPTO KOTA MALANG

Kurniawan, Saiful (2018) STUDI EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL JALAN PANJI SUROSO-JALAN SUNANDAR PRIYO SUDARMO-JALAN LAKSANA ADI SUCIPTO KOTA MALANG. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
skripsi saiful.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Pergerakan transportasi yang tinggi ini menjadi salah satu penyebab utama kemacetan lalu lintas. Sehingga berpengaruh pula terhadap kenyamanan masyarakat dalam beraktifitas. Di Kota Malang sendiri kemacetan lalu lintas sudah menjadi hal biasa di beberapa ruas jalan. Titik kemacetan yang sering terjadi yaitu pada persimpangan Jalan Panji Suroso – Jalan Sunandar Priyo Sudarmo – Jalan Laksana Adi Sucipto. Seperti contohnya pengaturan lampu lalu lintas secara keseluruhan seperti bertumpuknya kendaraan pada satu atau beberapa ruas jalan. Oleh karena itu dibutuhkanlah sebuah usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan alternatif yang sesuai. Untuk menunjang studi ini di perlukan sampel volume lalu lintas dan antrian dengan survey lapangan pada kondisi eksisting yang di laksanakan pada 3 hari di mulai pada hari Senin, 19 Maret 2018, Rabu, 21 Maret 2018, dan Minggu, 18 Maret 2018. Metode evaluasi ini menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dan menggunakan Peraturan Menteri Perhubungan 96 Tahun 2015. Hasil survey diperoleh total arus volume tertinggi terjadi pada kondisi eksisting pada Jl. Panji Suroso (Pendekat Utara) hari Rabu, 21 Maret 2018 yaitu sebesar kapasitas 1500.78 skr/jam, derajarat kejenuhan (DJ) 0.86, panjang antrian 145.86 m, tundaan 29.43 det/skr dan tingkat pelayanan D. Dari kedua alternatif yang dikaji, didapatkan altenatif yang memenuhi syarat adalah alternatif 2, sehingga alternatif 2 yang bisa mengatasi permasalahan lalu lintas di lokasi dengan pelarangan gerakan belok kanan, yaitu sebesar kapasitas 1355.57 skr/jam derajat kejenuhan (DJ) 0.76, panjang antrian 101.25 m dan tundaan 21.48 det/skr dalam kategori tingkat pelayanan C

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakteristik simpang, kinerja simpang, antrian.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susanti Nilasari
Date Deposited: 14 Feb 2019 01:55
Last Modified: 13 Mar 2019 02:51
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item