EVALUASI KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX PADA RUAS JALAN NASIONAL BTS. KOTA MALANG SAMPAI KEPANJEN Km 11+550 – Km 14+300 KABUPATEN MALANG

Lu’ayyi, Ahmad Chafidz (2018) EVALUASI KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX PADA RUAS JALAN NASIONAL BTS. KOTA MALANG SAMPAI KEPANJEN Km 11+550 – Km 14+300 KABUPATEN MALANG. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
skripsi ahmad.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan nasional Batas Kota Malang sampai Kepanjen Km 11+550 - Km 14+300 yang berada di Kabupaten Malang panjang ruas jalan penelitian ini 2,750 km dan termasuk jalan kolektor primer dengan tipe jalan 2 lajur 2 arah. Penilitian ini bertujuan untuk mengevaluasi jenis kerusakan yang terjadi dan merencanakan jenis pemeliharaan dengan metode Bina Marga. Padatnya arus lalu lintas pada ruas jalan ini mengakibatkan sulitnya pengukuran secara langsung sehingga pengukuran kerusakan pada studi ini dilaksanankan dengan menggunakan metode pengukuran panjang kerusakan dilapangan langsung pada tanggal 31 maret 2018 dan pengambilan gambar kerusakan yang kemudian diedit menggunakan aplikasi AutoCAD 2007 Software untuk diberi skala lebar kerusakan dengan tujuan mengetahui lebar masingmasing jenis kerusakan. Hasil pengukuran tersebut digunakan untuk mengetahui luas kerusakan jalan dengan metode Pavement Condition Index (PCI). Setelah memperoleh nilai indeks kondisi jalan kemudian direncanakan jenis pemeliharaan dengan hasil rata - rata dengan pemeliharaan berkala sehingga untuk mengatasi hal ini diperlukan penanganan berupa perencanaan tebal lapis tambah (Overlay) berdasarkan metode lendutan Bina Marga dengan alat Falling Weight Deflectometer (FWD). Jumlah kerusakan yang didapat dari analisa PCI 12 jenis yaitu : Retak Kulit Buaya, Retak Blok, Tambalan, Retak Memanjang, Retak Tepi, Amblas, Tonjolan, Pelapukan dan Pelepasan Butir, Penurunan Bahu Jalan, Retak Selip, Pengausan, Lubang. Analisa penentuan kondisi jalan dengan metode Paveent Condition Index (PCI) memperoleh hasil sebesar 49,46 yang dikategorikan dalam nilai kondisi lapaisan (Sedang). Dari hasil tersebut direncanakan tebal lapis tambah (Overlay) dengan jenis AC-WC ketebalan minimum 4 cm untuk menjaga kualitas umur rencana perkerasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pavement Condition Index (PCI),Falling Weight Deflectometer (FWD), Jenis – jenis kerusakan jalan.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susanti Nilasari
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:01
Last Modified: 13 Mar 2019 03:04
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item