KAJIAN PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN (STUDI KASUS PADA ON THE STREET PARKING PADA RUAS JALAN MERDEKA KOTA BLITAR)

PRASETYA, DONY (2018) KAJIAN PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN (STUDI KASUS PADA ON THE STREET PARKING PADA RUAS JALAN MERDEKA KOTA BLITAR). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Untitled(54).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parkir di badan jalan, pada ruas jalan merdeka kota Blitar. Seriring bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya kepemilikan kendaraan di perkotaan akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kegiatan manusia di dalamnya, Dengan tingginya aktifitas pada pusat pusat aktifitas pada pusat aktifitas di suatu kota sangat berpengaruh pada kegiatan berlalu lintas, Oleh sebab itu pada akhirnya pengguna kendaraan menggunakan badan jalan sebagai lahan parkir Dalam menganalisa volume kendaraan yang pakir dan volume lalu lintas,kecepatan ,derajat kejenuhan, hambatan sambing menggunakan acuan Direktorat Jenderal Perhunbungan Darat 1998, tentang Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir dan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan (PKJI) 2014. Pengumpulan data diperoleh dari survei lapangan secara langsung yang dilakukan secara manual pada hari Senin, 16 April 2018, Selasa 17 April 2018 dan Rabu 18 April 2018, dengan peraturan dan tata cara survei yang telah ditentukan oleh peneliti dan dibantu tim survei. Data itu sendiri dibagi menjadi 2 macam data primer yang didapat dari survei dan data sekunder didapat dari instansi pemerintah yang terkait. Kemudian setelah data tersebut didapatkan, maka dapat dilakukan pengolahan data dan kemudian dianalisa sehingga didapatkan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa tingkat pelayanan yang diukur dari derajat kejenuhan sebelum adanya parkir sebesar 0.68 dan setelah adanya parkir derajat kejenuhan menjadi 0.9 menurut PKJI 2014 standar derajat kejenuhan dalam kota yaitu <0,85 sehingga hal tersebut dikatakan tidak aman. Indeks Parkir rata – rata selama 3 hari pengamatan bahwa indeks parkir pada hari Senin rata-rata lebih tinggi yaitu indeks parkir rata-rata sebesar 29,310 % sedangkan yang terendah terjadi pada hari Selasa yaitu sebesar 23,892 %. Kata Kunci : Indeks Parkir. Derajat Kejenuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Indeks Parkir. Derajat Kejenuhan
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susi Rahmania
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:00
Last Modified: 13 Mar 2019 03:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item View Item