E V A L U A S I K I N E R J A DUA S I M P A N G B E R S I N Y A L B E R D E K A T A N ( S T U D I K A S U S P A D A S I M P A N G T I G A J A L A N L E T J E N S U T O Y O - J A L A N S A R A N G A N D A N S I M P A N G E M P A T J A L A N L E T J E N S U T O Y O – J A L A N K A L I U R A N G – J A L A N J A K S A A G U N G S U P R A P T O – J A L A N W . R . S U P R A T M A N )

Mbasa, Edith Sonia Andini (2018) E V A L U A S I K I N E R J A DUA S I M P A N G B E R S I N Y A L B E R D E K A T A N ( S T U D I K A S U S P A D A S I M P A N G T I G A J A L A N L E T J E N S U T O Y O - J A L A N S A R A N G A N D A N S I M P A N G E M P A T J A L A N L E T J E N S U T O Y O – J A L A N K A L I U R A N G – J A L A N J A K S A A G U N G S U P R A P T O – J A L A N W . R . S U P R A T M A N ). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
skripsi edith.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi Simpang Kaliurang dan Simpang Sarangan Kota Malang yang cukup padat mengakibatkan menurunnya tingkat pelayanan dari simpang. Hal ini dilihat dari adanya antrian kendaraan pada setiap lengan simpang dan tundaan yang tinggi akibat kendaraan yang melewati simpang seringkali tertahan akibat konflik pada simpang. Simpang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari jaringan jalan. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil survey selama 3 hari yaitu hari Rabu, 21 Maret 2018, Senin, 2 April 2018 dan Sabtu, 21 April 2018 yang berupa data geometrik jalan, Lokasi Survey yaitu di Simpang Sarangan dan Simpang Kaliurang Kota Malang. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dinas perhubungan dan BPS Kota Malang. Analisa dilakukan terhadap derajat kejenuhan, panjang antrian dan tundaan. Sebagai dasar analisa digunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Setelah direncanakan alternatif perbaikan untuk meningkatkan kinerja Simpang Kaliurang dan Simpang Sarangan, selanjutnya adalah merekomendasikan alternatif untuk meningkatkan kinerja simpang. Berdasarkan keadaan yang terjadi di lapangan, pada Simpang Kaliurang dan Simpang Sarangan perlu dilakukannya koordinasi simpang. Berdasarkan kenyataan saat ini, kedua simpang tersebut belum terkoordinasi. Oleh karena itu, berdasarkan hasil analisa alternatif untuk simpang Sarangan dan Simpang Kaliurang, direkomendasikan alternatif koordinasi antar dua simpang tersebut, didapatkan green bandwidth Simpang Sarangan menuju Simpang Kaliurang dan Simpang Kaliurang menuju Simpang Sarangan adalah 28 detik. Offset sinyal antar Simpang Sarangan ke Simpang Kaliurang adalah sebesar 70 detik, dan offset sinyal antar Simpang Kaliurang ke Simpang Sarangan sebesar 51 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja simpang, panjang antrian, tundaan, offset optimum
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susanti Nilasari
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:12
Last Modified: 13 Mar 2019 03:21
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item