STUDI EVALUASI KINERJA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI SEKITAR KAWASAN MALL DINOYO CITY

Rajamuda, Viki (2017) STUDI EVALUASI KINERJA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI SEKITAR KAWASAN MALL DINOYO CITY. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
skripsi viki.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Mall Dinoyo merupakan pusat perbelanjaan yang tergolong masih baru di Kota Malang. Mall ini terletak di Jl. M.T. Haryono yang merupakan salah satu ruas jalan terpadat di Kota Malang. Dengan adanya Mall ini yang pastinya akan menghasilkan tarikan dan bangkitan pergerakan yang tentunya akan meningkatkan pembebanan terhadap ruas Jalan M.T. Haryono dan simpang tiga Jl. M.T. Haryono – Jalan Gajayana. Dengan meningkatnya beban terhadap ruas dan simpang tersebut maka akan menurunkan kinerja jalan yang ada. Sehingga perlu dilakukan “Studi Evaluasi Kinerja Jalan Pada Ruas Jalan Di Sekitar Kawasan Mall Dinoyo City”. Untuk menunjang studi ini diperlukan data volume jam-jaman pada ruas Jl. M.T. Haryono dan simpang tiga Jl. M.T. Haryono – Jl. Gajayana, data volume kendaraan keluar-masuk mall dan data volume jam-jaman pengunjung keluarmasuk mall. Data-data tersebut diperoleh dengan melakukan survei lapangan pada kondisi eksisting yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada hari Sabtu, 25 Februari 2017 sampai dengan hari Senin 28 Februari 2017. Survei dilakukan untuk mengetahui tingkat kepadatan lalu lintas pada ruas Jl. M.T. Haryono dan simpang tiga Jl. M.T. Haryono – Jl. Gajayana. Analisa kinerja ruas dan simpang ini menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 untuk perhitungan derajat kejenuhan, tundaan, dan antrian. Sedangkan untuk evaluasi tingkat pelayanan/kinerja simpang menggunakan Peraturan Menteri Perhubungan No. 96 KM Tahun 2015. Berdasarkan perhitungan didapatkan kinerja jaringan jalan pada ruas jalan M.T. Haryono pada kondisi eksisting dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,89 yang merupakan tingkat pelayanan E. Sedangkan pada simpang tiga Jl. M.T. Haryono – Jl. Gajayana pada kondisi eksisting nilai derajat kejenuhansebesar 1,64 sehingga kondisi simpang tersebut sudah over saturated. Berdasarkan perhitungan hubungan bangkitan kendaraan Mall Dinoyo City dan simpang yang terpengaruh didapatkan pengaruh dari bangkitan mall sebesar 1,05% . sehingga dapat disimpulkan bahwa penurunan kinerja simpang yang terjadi tidak disebabkan oleh bangkitan Mall Dinoyo City tetapi disebabkan oleh adanya bangkitan ataupun tarikan pergerakan tempat lain disekitar kawasan tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arus Lalu Lintas, Derajat Kejenuhan, Kapasitas, Kinerja lalu lintas.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susanti Nilasari
Date Deposited: 15 Feb 2019 01:26
Last Modified: 08 Mar 2019 02:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item