OPTIMALISASI PEMANFAATAN SISTEM ATCS PADA SIMPANG - SIMPANG YANG BERDEKATAN (STUDI KASUS : SIMPANG JALAN CILIWUNG DAN SIMPANG JALAN SULFTA) KOTA MALANG

Pandu, Mario Vianis Franssisco (2016) OPTIMALISASI PEMANFAATAN SISTEM ATCS PADA SIMPANG - SIMPANG YANG BERDEKATAN (STUDI KASUS : SIMPANG JALAN CILIWUNG DAN SIMPANG JALAN SULFTA) KOTA MALANG. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Untitled(102).pdf

Download (9MB)

Abstract

Banyaknya persimpangan di kota Malang menimbulkan permasalahan tersendiri, terlebih pada jarak antar simpang yang berdekatan pada ruas Jalan S P Sudarmao. Terdapat dua simpang yang berada dalam jarak 280 meter, pada ruas tersebut yaitu simpang Jalan Ciliwung dan simpang Jalan Sulfat. Kondisi eksisting pengaturan waktu sinyal pada simpang Jalan Ciliwung dan Simpang Jalan Sulfat, belum optimal. Kondisi ini terlihat dari panjang siklus yang berbeda, dimana kendaraan terkadang harus selalu berhenti pada tiap simpang karena selalu mendapat sinyal merah. Perencanaan yang dilakukan adalah menentukan waktu sinyal baru yang sama untuk kedua simpang. Untuk itu pada skripsi ini, saya berusaha meneliti serta mencari jawaban atas permasalahan koordinasi simpang yang belum bekerja secara maksimal dan menuangkannya dalam Skripsi yang berjudul “Optimalisasi Pemanfaatan Sistem ATCS (Automatic Traffic Control System) pada simpang-simpang yang berdekatan (Studi Kasus : Simpang Jl. Ciliwung dan Simpang Jl.Sulfat)”. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survey langsung pada kedua simpang. Survey dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada hari Senin 4 April 2016, Rabu 6 April 2016, dan Sabtu 9 April 2016. Adapun data yang diambil adalah data geometric jalan kedua simpang, waktu sinyal, volume lalu lintas, dan kecepatan tempuh kendaraan yang melalui kedua simpang. Data yang diperoleh digunakan untuk mendapatkan kondisi eksisting terjenuh yang akan menjadi acuan dalam merencanakan waktu sinyal baru dengan memperhatikan teori koordinasi. Analisa kinerja simpang bersinyal ini menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 untuk perhitungan derajat kejenuhan, tundaan, antrian dan Teori Maksimasi Green Bandwith untuk perhitungan offset optimum. Hasil survey diketahui bahwa kedua simpang pada ruas Jalan S P Sudarmo belum optimal. Dari empat perencanaan didapatkan Panjang siklus optimum sebesar 96 detik. Dengan panjang siklus lampu isyarat lalu lintas .Besar offset sinyal optimum dari utara keselatan sebesar 10 detik. Menggunakan metode maksimum bandwith didapatkan sebesar 64 detik Kata Kunci : Optimalisasi, Koordinasi sinyal, tundaan, antrian, offset, green bandwith

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Optimalisasi, Koordinasi sinyal, tundaan, antrian, offset, green bandwith
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susi Rahmania
Date Deposited: 20 Feb 2019 02:42
Last Modified: 20 Feb 2019 02:42
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item