ALTERNATIF DESAIN BANGUNAN ATAS JEMBATAN TIPE TROUGH BALTIMORE TRUSS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRFD PADA JEMBATAN SENYIUR KECAMATAN MUARA ANCALONG KUTAI TIMUR

Persada, Satria Pandu (2016) ALTERNATIF DESAIN BANGUNAN ATAS JEMBATAN TIPE TROUGH BALTIMORE TRUSS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRFD PADA JEMBATAN SENYIUR KECAMATAN MUARA ANCALONG KUTAI TIMUR. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Untitled(103).pdf

Download (6MB)

Abstract

Jembatan adalah Salah satu sarana penghubung antar daerah dimana dapat melancarkan proses perekonomian ,pemerintahan ,dan lain-lainMelalui skripsi ini penulis mencoba untuk merencanakan konstruksi jembatan Warren Kecamatan Muara Ancalong Kutai Timur menggunakan struktur jembatan Tipe Baltimore Truss. Adapun latar belakang pemilihan tipe jembatan Baltimore Truss ini yaitu alternatif lain bagi konstruksi jembatan rangka baja yang sudah ada karena jembatan jenis ini memiliki Bentuk yang sederhana dan kuat. dalam hal ini perencanaan menggunakan metode Load and Resistance Factor Design (LRFD). Perencanaan struktur atas jembatan tipe trough baltimore truss ini memiliki data awal panjang 40 m, lebar lantai kendaraan 7m, dengan lebar trotoar 0,5 m dan tinggi jembatan 5 m. Perencanaan struktur atas jembtan dimulai dengan perencanaan plat lantai kendaraan, dimana perhitungan plat lantai kendaraan untuk mengetahui tulangan yang digunakan dan posisi pemasangan pada plat lantai kendaraan. Selanjutnya setelah perencanaa plat lantai dilanjutkan dengan perencanaan gelagar memanjang dan gelagar melintang, dimana perencanaan ini meliputi perhitungan statika, perencanaan dimensi ,dan penghubung geser. Perlakuan yang sama juga diterapkan pada perhitungan gelagar melintang. Selanjutnya menentukan dimensi gelagar induk dengan dibantu oleh program bantu STAAD PRO 2007, selanjutnya memperhitungkan sambungan gelagar memanjang-melintang, melintang induk, dan selanjutnya perhitungan plat simpul pada gelagar induk, dimana dalam perhitungan sambungan akan didapatkan jumlah baut, tata letak baut dan kontrol sambungan. Pada perhitungan terakhir menentukan perletakan yang digunakan mulai dari dimensinya sampai nilai kapasitas dari perletakan. Dari hasil analisa diperoleh struktur bangunan atas jembatan untuk plat lantai kendaraan menggunakan tulangan pokok D 13-200 dan tulangan bagi D13-200, profil WF 300x150x5,5x8 untuk Gelagar Memanjang, WF 414x405x18x28 untuk gelagar melintang, WF 400x408x21x21 untuk gelagar induk, dan dimensi untuk ikatan angin L120x120x8 Kata Kunci :Jembatan, Jembatan Rangka Baja,Jembatan Rangka Tipe Trough Baltimore Truss, Struktur Bangunan Atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Jembatan, Jembatan Rangka Baja,Jembatan Rangka Tipe Trough Baltimore Truss, Struktur Bangunan Atas.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susi Rahmania
Date Deposited: 20 Feb 2019 02:50
Last Modified: 20 Feb 2019 02:50
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item