optimasi camshaft dengan variasi tinggi lift pada mesin (x) 100cc menggunakan mesin modifikasi camshaft

Pambudi, Andreas Teguh Setyo (2019) optimasi camshaft dengan variasi tinggi lift pada mesin (x) 100cc menggunakan mesin modifikasi camshaft. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu cara untuk mendapatkan efisiensi volumetric yang maksimal sehingga dapat menghasilkan tenaga seoptimal mungkin adalah dengan melakukan modifikasi pada camshaft. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengaruh penggunaan camshaft standard dengan memodifikasi camshaft dengan menambahkan variasi tinggi lift yang berbeda-beda terhadap unjuk kerja motor bensin empat langka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksprimental dengan memvariasikan camshaft standar dan camshaft modifikasi tinggi lift, dengan variasi tinggi lift dari 0,5mm, 1mm, 1,5mm, 2mm dilakukan pengujian dengan menggunakan mesin dynamometer (dynotes) untuk mengukur daya dan torsi, tabung burret dan stopwatch mengukur konsumsi bahan bakar, busur drajat dan dial indikator untuk melihat bukaan tinggi klep dan durasi klep. Setelah dilakuan pengujian didapatkan data-data dengan medapatkan hasil nilai-nilai dari daya, torsi, FC, bukaan klep dan durasi klep. Dari pengukuran tersebut didapat efisiensi yang berbeda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa camshaft dengan modifikasi tinggi lift dapat meningkatkan daya secara siknifikan, jika pada camshaft standar memiliki daya maksimal 7.068 (HP) dan torsi 0,81 (KG*M), sedangkan pada camshaft variasi tinggi lift 0,5mm memiliki daya 7.471 (HP) dan torsi 0,79 (KG*M), 1mm memiliki daya 7.522 (HP) dan torsi 0,76 (KG*M), 1,5mm memiliki daya 7.562 (HP) dan torsi 0,70 (KG*M), 2mm memiliki daya 7.441 (HP) dan torsi 0,70 (KG*M). Dapat disimpulkan bahwa menaikan tinggi lift camshaft dapat menaikan daya untuk mengoptimalkan mesin standar sepeda motor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: standar, camshaft, modifikasi, unjuk kerja, motor bensin
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Mahasiswa Mesin S1
Date Deposited: 27 Feb 2019 00:54
Last Modified: 12 Mar 2019 05:52
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2145

Actions (login required)

View Item View Item