PEMBENTUKAN RUANG SOSIAL DI SEKITAR PASAR DANGA, KECAMATAN AESESA, KABUPATEN NAGEKEO, NUSA TENGGARA TIMUR

Mae, Skolastika (2018) PEMBENTUKAN RUANG SOSIAL DI SEKITAR PASAR DANGA, KECAMATAN AESESA, KABUPATEN NAGEKEO, NUSA TENGGARA TIMUR. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (594kB)
[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Manusia berinteraksi dengan manusia lainnya menciptakan sebuah ruang imajiner yang disebut ruang sosial. ruang sosial sendiri merupakan tempat masyarakat untuk saling berinteraksi. Manusia mengenal ruang sebagai tempat mereka berkegiatan, beraktivitas dan saling berinteraksi didalam ruang tersebut. Ruang tidak ada begitu saja, tetapi ada proses pembentukannya. Pada penelitian ini akan terfokus pada pembentukan ruang dilihat dari interaksi sosial masyarakat. Tujuan dari penelitian adalah mengidentifikasi interaksi sosial masyarakat dan mengindentifikasi pembentukan ruang sosial di sekitar pasar Danga Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Diharapkan pada penelitian ini menghasilkan kajian tentang karateristik interaksi sosial yang ada di sekitar pasar Danga dan pola ruang sosial di sekitar pasar Danga. Hasil telaah menunjukkan wujud interaksi sosial yang dilakukan yaitu berbelanja, beribadah, berkumpul, duduk bersantai, bermain, dan memarkir. Hubungan interaksi sosial perorangan yang dilakukan tidak secara bersama seperti belanja, bermain, duduk bersantai, berkumpul dan aktivitas parkir dan hubungan interaksi sosial antar kelompok masyarakat yaitu dalam melakukan interaksi sosial beribadah, dan sekolah. Ruang sosial yang terbentuk dari adanya interaksi sosial adalah ruang terminal, warung, perempatan jalan dan tanah kosong merupakan ruang sosial yang tingkat interaksiya bersifat kuat dengan penggunaan ruang oleh banyak orang. Ruang pasar merupakan ruang sosial yang tingkat interaksinya bersifat sedang dengan penggunaan ruang oleh banyak orang. Untuk ruang toko dan pinggir jalan merupakan ruang sosial yang tingkat interaksinya berisifat lemah dengan penggunaan ruang oleh banyak orang. Kata kunci: Ruang, Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ruang, Interaksi Sosial
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Eddy Supriadi
Date Deposited: 17 Jan 2019 01:06
Last Modified: 06 Mar 2019 01:29
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item