STUDI EVALUASI PENGARUH SIMPANG BERSINYAL TERHADAP KEMACETAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN BENDUNGAN SIGURA GURA DEPAN KAMPUS INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG

Mustika, Mayang (2015) STUDI EVALUASI PENGARUH SIMPANG BERSINYAL TERHADAP KEMACETAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN BENDUNGAN SIGURA GURA DEPAN KAMPUS INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
skripsi mayang.pdf

Download (7MB)

Abstract

Arus lalu lintas Kota Malang mengalami peningkatan setiap tahunnya diakibatkan pertambahan jumlah penduduk, pertambahan kepemilikan kendaraan, dan perubahan sirkulasi lalu lintas. Kemacetan pada ruas jalan Bendungan Sigura Gura depan Kampus Institut Teknologi Nasional Malang merupakan salah satu dampak dari arus lalu lintas Perempatan Sigura Gura dan perubahan sirkulasi lalu lintas jalan Sumbersari dan Jalan Mayjen Panjaitan sehingga menyebabkan antrian panjang. Dalam studi ini, akan diidentifikasi karakteristik dan kinerja ruas Jalan Bendungan Sigura Gura depan Kampus Institut Teknologi Nasional Malang akibat pengaruh simpang. Data yang dianalisis, data primer dan sekunder. Data primer berupa survey volume lalu lintas, jumlah dan panjang antrian, hambatan samping. Survey dilakukan secara manual selama tujuh ( 7) hari pada 31 januari 2015 – 4 Februari 2015, 26 May 2015 dan 6 Juni 2015. Data sekunder berupa data – data dari instansi terkait, artikelartikel dari internet, dan skripsi terdahulu. Analisa dilakukan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006 tentang kriteria tingkat pelayanan jalan. Kinerja simpang kondisi eksisting, arus lalu lintas simpang sebesar 3444.200 smp/jam Senin 2 Februari 2015, arus lalu lintas ruas jalan Bendungan Sigura Gura depan Kampus Institut Teknologi Nasional Malang sebesar 1526,416 smp/jam, jumlah antrian kendaraan maksimum sebesar 157 kend, panjang antrian 170 m, rata – rata tundaan simpang sebesar 27,021 detik/kend (tingkat pelayanan simpang D) dengan karakteristik arus lalu lintas didominasi sepeda motor 74,717 %, kendaraan ringan 25,198 %, dan kendaraan berat 4,015 %. Perbaikan kinerja simpang kondisi optimum panjang antrian simpang rata – rata 70 m dan tundaan rata – rata simpang sebesar 22,068 detik/kend tingkat pelayanan C (Memenuhi syarat) dengan cara optimasi waktu siklus, menurunkan hambatan samping dan pelebaran geometrik 4 m pada pendekat barat, 1.5 m pendekat selatan dan utara. Kinerja ruas jalan kondisi eksisting kapasitas ruas jalan 1820,597 smp/jam, kecepatan 28,470 km/jam, kerapatan 53,235 kend/km, derajat kejenuhan (DS) 0,8384 (tingkat pelayanan D). Perbaikan kinerja ruas jalan kondisi optimum, peningkakatan kecepatan menjadi 37,440 km/jam atau 32 %, penurunan kerapatan menjadi 40,481 kend/km atau 76 %, nilai derajat kejenuhan (DS) 0,6302 tingkat pelayanan B (memenuhi syarat) dengan cara optimasi simpang, meningkatkan kapasitas ruas jalan melalui penurunan hambatan samping dan manajemen parkir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi ruas jalan, kinerja simpang
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susanti Nilasari
Date Deposited: 21 Feb 2019 02:12
Last Modified: 21 Feb 2019 02:12
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item View Item