STUDI ANALISA VARIABEL YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM PEMBELIAN TIPE PERUMAHAN DI WILAYAH MOJOKERTO

MUSTAQIM, REZA (2014) STUDI ANALISA VARIABEL YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM PEMBELIAN TIPE PERUMAHAN DI WILAYAH MOJOKERTO. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Untitled(110).pdf

Download (3MB)

Abstract

Kota Mojokerto adalah sebuah kota yang dahulu merupakan daerah tingkat II yang berstatus kotamadya di jawa timur, Indonesia dan dimana kota yang terkenal dengan makanan onde-ondenya. Terletak 50 km barat daya Surabaya, wilayah kota ini dikelilingi oleh Kabupaten Mojokerto dan merupakan kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Timur. Melihat semakin meningkatnya jumlah permintaan perumahan yang ada di wilayah mojokerto, sehingga menyebabkan hal ini berdampak terhadap peningkatan kebutuhan rumah di pusat kota atau kabupaten (core region) dengan intensitas penggunaan lahan yang tinggi ikut mempengaruhi pertumbuhan perumahan dan permukiman di daerah pinggir kota maupun perbatasan kota (suburban) sehingga tidak menutup kemungkinan kualitas dari hunian yang ideal sesuai keinginan masyarakat di wilayah Mojokerto tidak dapat tercapai di kalangan ekonomi menengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan pencatatan data. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji F, Uji t sampel, dan analisa regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis untuk minat konsumen dalam pembelian tipe perumahan di wilayah mojokerto ialah tipe 36 dengan lebar 7 meter, panjang 12 meter, dan harga beli sebesar Rp. 120.000.000,-. Faktor – faktor terdiri Tatanan lingkungan ( X1 ) sebesar 0.149, Desai dan Luas tanah ( X2 ) sebesar 0.108, Pendapatan kerja ( X3 ) 0.202, fasilitas Umum ( X4 ) sebesar 0.140, Kemudahan akses jalan ( X5 ) sebesar 0.281, Kelancaran akses jalan ( X6 ) sebesar 0.173, Kedekatan Pusat Kota (X7) sebesar 0.109 dan Kedekatan Tempat Kerja ( X8 ) sebesar 0.319 sangat berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen dalam memimilih tipe perumahan di Wilayah mojokerto dimana nilai Fhitung > Ftabel yaitu 20.387 > 2.24. Faktor kedekatan tempat kerja (X8) adalah faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat konsumen dalam memimilih tipe perumahan di Wilayah mojokerto berdasarkan koefisien β= 0.319 dan nilai uji t yang terbesar dengan nilai t hitung =3.956 > t tabel= 2.021 dengan nilai signifikan dibawah dari 5% yaitu pada analisis statistik di peroleh 0.000 . Kata Kunci : Konsumen, Tipe Perumahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konsumen, Tipe Perumahan.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susi Rahmania
Date Deposited: 21 Feb 2019 02:43
Last Modified: 21 Feb 2019 02:43
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2216

Actions (login required)

View Item View Item