Studi Penghematan Biaya Transportasi Dengan Konsep Pengalihan Kendaraan Pribadi Ke Kendaraan Umum (Bus Trans Kediri) Di Kota Kediri

Baksono, Krisdiono Arko (2016) Studi Penghematan Biaya Transportasi Dengan Konsep Pengalihan Kendaraan Pribadi Ke Kendaraan Umum (Bus Trans Kediri) Di Kota Kediri. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
SKRIPSI krisdiono arko baksono.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kapasitas jalan yang relatif tetap, sedangkan jumlah kendaraan di kota Kediri terus menerus bertambah, hal ini dikarenakan antara lain meningkatnya pengguna kendaraan pribadi dari tahun ke tahun sebesar 1.995 pada untuk mobil pribadi dan 12.486 untuk kendaraan sepeda motor pada tahun 2015. Dengan tingginya masyarakat pengguna kendaraan pribadi akan menimbulkan dampak negatif antara lain : Semakin tingginya komsumsi bahan bakar, tingginya biaya transportasi, kemacetan saat jam – jam puncak, polusi udara semakin meningkat, menurunnya mutu kehidupan masyarakat perkotaan. Survey ini dilakukan selama 3 hari (6 juli 2016, 8 juni 2016, dan 12 juni 2016). Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan data untuk mengetahui tanggapan masyarakat kota Kediri apakah dapat diterima atau tidaknya moda transportasi tersebut, metodenya adalah survey langsung kepada masyarakat pengguna kendaraan pribadi. Untuk itu disusun pertanyaan daftar pertanyaan dalam bentuk kuisioner. Survey dilakukan di wilayah kota Kediri. Daerah – daerah yang disurvey antara lain perumahan – perumahan, kantor dinas, mal – mal yang ada di kota Kediri. Untuk pengolahan data dengan stated preference method. Selanjutnya antribut yang dipilih dianalisis dengan cara analisis regresi linier. Dari hasil survey yang dilakukan kepada 297 responden di wilayah kota Kediri, maka diperoleh data sebanyak 107 responden mau beralih menggunakan Bus Trans Kediri, yang terdiri dari 41 responden pengguna mobil pribadi dan 66 responden pengguna sepeda motor. Faktor – faktor yang paling mempengaruhi masyarakat dalam memilih moda transportasi antara lain : ketepatan waktu sebesar 34.01 %, dari segi tarif perjalanan (murah) yaitu sebesar 17.51 % , dan dari tingkat pelayanannya (aman) sebesar 21.89 %. Berdasarkan analisa perhitungan yang dilakukan dari hasil survey tersebut, maka akan dapat menghemat biaya transportasi sebesar Rp.14.644.117,- untuk setiap satu harinya, dengan perincian sebagai berikut Jumlah total biaya yang bisa dihemat dengan adanya moda transportasi bus trans Kediri adalah : (Biaya setelah ada bus trans Kediri dikurangi biaya sebelum ada bus trans). Rp.394.303.117 - Rp.379.659.256,1 = Rp.14.644.117,-. Sedangkan komsumsi bahan bakar yang dapat dihemat untuk tiap satu km adalah Rp.221.252.651,6. Dengan perincian sebagai berikut Maka total biaya komsumsi BBM yang dapat dihemat untuk tiap satu harinya adalah sebesar Rp.268.621.407 - Rp.47.095.755,4 = Rp.221.525.651,6, untuk tiap harinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penghematan Biaya, Moda Transportasi, Bus Trans
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Tasya Debbie Astia
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:55
Last Modified: 22 Feb 2019 01:55
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item