Perencanaan Ulang Bangunan Atas Jembatan Rangka Baja Tipe (Parker Truss) Dengan Metode ASD di Jembatan Trisula Kecamatan Kademangan Kabupaten Tulungagung

Ximenes, Feliciano De Almeida Belo (2014) Perencanaan Ulang Bangunan Atas Jembatan Rangka Baja Tipe (Parker Truss) Dengan Metode ASD di Jembatan Trisula Kecamatan Kademangan Kabupaten Tulungagung. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
SKRIPSI FELICIANO XIMENES.pdf

Download (39MB)

Abstract

Jembatan merupakan sarana yang sangat penting untuk menghubungkan antara daerah satu dengan daerah yang lain melalui transportasi darat. Di mana pembangunan jalan dan jembatan sebagai lalu lintas kendaraan sangat perlu pembangunannya sebagai alat penyeberangan yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman untuk melalui sungai, danau, tebing dan segala penghalang. Hampir semua ruas jalan memerlukan sarana jembatan, karena hampir setiap jalan terkadang harus melalui atau melewati beberapa rintangan antara lain sungai, rawa–rawa, bahkan lembah ataupun menyilang terhadap jalan lain. Dengan adanya jembatan akan didapatkan jalur yang lebih pendek dan biaya yang lebih ekonomis dibandingkan dengan membuat jalan memutar untuk menghindari suatu rintangan. Kostruksi Jembatan Rangka Baja merupakan salah satu jenis dari beberapa buah jenis Konstruksi Jembatan Baja yang sangat banyak dibangun untuk kepentingan lalu lintas jalan raya. Seperti halnya Jembatan Trisula merupakan salah satu Konstruksi Jembatan Rangka Baja yang ada di Indonesia yang berfungsi untuk kebutuhan arus lalu lintas kususnya di Kecamatan Kademangan Kabupaten TulungAgung. Secara umum Jembatan Rangka Baja lebih menguntungkan apabila dibandingkan dengan jembatan lainnya, penyebabnya ialah karena batang-batang utama Rangka Baja memikul gaya aksial tekan atau gaya aksial tarik, konstruksi jembatan jauh lebih ringan, bentang jembatan jauh lebih panjang, pelaksanaan di lapangan jauh lebih mudah. Dengan tinggi rangka sedemikian rupa, kekakuan potongan melintang jembatan rangka lebih besar. Bagian-bagian utama rangka batang dibuat dari komponen-komponen yang tidak terlalu besar maka pengangkutannya ke lokasi jembatan menjadi lebih mudah. Melalui skripsi ini penulis mencoba untuk merencanakan konstruksi jembatan Trisula Kecamatan Kademangandengan menggunakan struktur jembatan pelengkung dengan tipe Parker Truss. Adapun latar belakang pemilihan tipe jembatan pelengkung Parker Truss ini yaitu alternatif lain bagi konstruksi jembatan rangka baja yang sudah ada karena jembatan jenis ini memiliki nilai estetika yang lebih tinggi. dalam hal ini perencanaan menggunakan metode Allowable Strees Design (ASD). Dari hasil analisa diperoleh struktur bangunan atas jembatan menggunakan profilW21X201( gelagar induk),W14X342(gelagar melintang), W12X120(gelagar memanjang ), PIPX100 ( ikatan angin atas). Kata Kunci : Jembatan, Jembatan Rangka Baja, Struktur Bangunan Atas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jembatan, Jembatan Rangka Baja, Struktur Bangunan Atas
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susi Rahmania
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:11
Last Modified: 22 Feb 2019 02:11
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2301

Actions (login required)

View Item View Item