PENGARUH BANGKITAN DAN TARIKAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN MT HARYONO

Wulandari, Theresia K (2018) PENGARUH BANGKITAN DAN TARIKAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN MT HARYONO. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
JURNAL - THERESIA K. WULANDARI 1324064.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (446kB)
[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAKSI Studi ini dilakukan dengan berdasarkan pada terjadinya peningkatan intensitas aktivitas pada suatu kota dimana aktivitas yang makin beragam tersebut menyebabkan manusia akan melakukan mobilisasi atau pergerakan dari tata guna lahan yang satu ke tata guna lahan yang lainnya dimana dalam penelitian ini aktivitas pada Universitas Brawijaya yang cukup padat serta didukung oleh jumlah mahasiswa, dosen dan karyawan yang banyak sehingga pergerakan yang dilakukan akan terjadi secara rutin dan hal ini berdampak langsung pada kondisi jalan MT Haryono sebagai salah satu jalan penghubung ke Universitas Brawijaya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan atau metode kuantitatif yaitu mengetahui kondisi atau volume bangkitan dan tarikan pada Universitas Brawijaya. Adapun analisa yang digunakan untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan (Level Of Service) adalah berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan untuk mengetahui pengaruh menggunakan metode regresi linear berganda dimana faktor bangkitan dan tarikan sebagai variabel bebas (X), dan tingkat pelayanan jalan sebagai variabel terikat (Y). Peningkatan volume bangkitan dan tarikan pada Universitas Brawijaya memberikan pengaruh terhadap tingkat pelayanan jalan menjadi rendah dengan kelas F dimana arus yang dipaksakan atau macet, kecepatan rendah, volume dibawah kapasitas, antrian panjang dan terjadi hambatan-hambatan yang besar. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda bahwa variabel bangkitan dan variabel tarikan memiliki pengaruh baik secara parsial/sendiri maupun secara bersamaan/secara simultan terhadap LOS serta pada nilai hubungan atau korelasi antara bangkitan dan tarikan terhadap tingkat pelayanan jalan MT haryono. Adapun pengaruh volume bangkitan dan tarikan adalah sebesar 60 % pada segmen 1 dan 80 % pada segmen 2 jalan MT Haryono. Kata Kunci : Bangkitan Pergerakan, Tarikan Pergerakan, Tingkat Pelayanan Jalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bangkitan Pergerakan, Tarikan Pergerakan, Tingkat Pelayanan Jalan
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2019 01:13
Last Modified: 06 Mar 2019 01:42
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item