EVALUASI DAMPAK LALU LINTAS BEROPERASINYA LOMBOK EPICENTRUM MALL

Sirojudduha, Sirojudduha (2019) EVALUASI DAMPAK LALU LINTAS BEROPERASINYA LOMBOK EPICENTRUM MALL. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
SIROJUDDUHA (1421078).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya Lombok Epicentrum Mall pastinya akan menghasilkan tarikan dan bangkitan pergerakan yang akan meningkatkan volume kendaraan pada segmen Jalan Sriwijaya yang merupakan jalan arteri. Oleh karena itu perlu di adakan studi kasus tentang Evaluasi Dampak Lalu Lintas untuk memprediksikan tingkat arus lalu lintas per tahunnya. Tujuan dari studi adalah untuk mengevaluasi dampak lalu lintas yang terpengaruh oleh Lombok Epicentrum Mall. Untuk menunjang studi ini diperlukan sampel volume dan tarikan dengan survey lapangan pada kondisi eksisting yang dilaksanakan 3 hari dimulai dari hari Sabtu, 08 Juli 2018 sampai dengan hari Senin, 09 Juli 2018. Survey dilakukan untuk mengetahui tingkat kepadatan lalu lintas yang terklasifikasi dan jenis kendaraan dalam satuan waktu tertentu. Analisa kinerja ruas jalan ini menggunakan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 Sedangkan untuk evaluasi tingkat pelayanan/kinerja menggunakan PM 96 Tahun 2015. Hasil pengolahan data kinerja lalu lintas pada ruas Jl. Sriwijaya cenderung stabil. Volume kendaraan tertinggi terjadi hari Sabtu, 07 Juli 2018 sebesar 1005 skr/jam, kapasitas 1313 skr/jam, DJ 0,77, kecepatan 30 km/jam, sesuai dengan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014) hal. 15, karena DJ <0,85 Jl. Sriwijaya memenuhi kondisi dasar (ideal). Kondisi persimpangan Jl. Sriwijaya – pintu masuk Mall cenderung tinggi volume kendaraan tertinggi terjadi hari Sabtu, 07 Juli 2018 sebesar 2982 skr/jam, kapasitas 3603 skr/jam, tundaan 13,831 det/skr, DJ 0,83 tingkat pelayan B (Peraturan Mentri Perhubungan No. 96 Tahun 2015). Hasil analisa tarikan dan bangkitan didapatkan nilai trip rate kendaraan masuk terbesar terjadi hari sabtu dengan trip rate sebesar 0,7119 kend/100m2 kendaraan motor masuk dan 0,6869 kend/100m2 kendaraan motor keluar. Pembebanan lalu lintas terbesar terjadi pada zona 3 dengan proporsi 31,35% untuk tahun prediksi 2027 didapatkan jumlah pengunjung yang berasal dari zona 3 sebesar 6238 orang dengan menggunakan kendaraan mobil sebesar 798, 1121 motor dan 29 orang tak bermotor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Derajat Kejenuhan, Tarikan, Kapasitas, Trip Rate.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mahasiswa Sipil
Date Deposited: 27 Feb 2019 06:18
Last Modified: 13 Mar 2019 02:15
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item View Item