PENGEMBANGAN GAME “THE LAST SAMURAI” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM DAN FUZZY LOGIC MAMDANI

Lie, Ari Lieanto (2018) PENGEMBANGAN GAME “THE LAST SAMURAI” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM DAN FUZZY LOGIC MAMDANI. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Laporan Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PENGEMBANGAN GAME “THE LAST SAMURAI” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM DAN FUZZY LOGIC MAMDANI Ari Lieanto Lie (1318058) Program Studi Teknik Informatika S-1 Fakultas Teknologi Industri Jl. Raya Karanglo Km. 2 Tasikmadu, Malang aripurwanto1995@gmail.com Dosen Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sentot Achmadi, M.Si 2. Febriana Santi W, S.Kom.M.Kom ABSTRAK Salah satu jenis game yang digemari oleh masyarakat saat ini adalah game ber-genre Adventure. Jenis game ini yang memiliki alur cerita dalam permainannya. Perangkat lunak aplikasi yang digunakan dalam pembuatan permainan ini adalah Blender v2.79 sebagai perancangan disain asset 3D, beserta Unity 3D v5.3.2 sebagai perancangan dari game yang akan dibuat . Unity 3D dapat digunakan untuk membuat sebuah game dan nantinya dapat dijalankan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX. Sedangkan Blender v2.79 merupkan perangkat lunak yang dipergunakan untuk membuat animasi 3D. Dengan Blender v2.79, permainan yang dibuat dapat dilengkapi dengan beberapa macam visual karakter 3D, audio, interaktif animasi, dan lain-lain. Kebutuhan sistem yang diperlukan untuk menjalankan permainan ini adalah sistem operasi Windows 8.1, Blender v2.79 yang sudah terpasang pada laptop/komputer pengguna. Game ini juga memanfaatkan kecerdasan buatan dengan mendesain finite state machine pada musuh biasa, sedangkan untuk bos menggunakan fuzzy logic. NPC bertugas untuk “berjaga”, “mendekat”, “mengganggu” dan “kabur” dari pemain. Perancangan strategi gerak NPC menggunakan Finite State Machine dan logika Fuzzy Mamdani digunakan untuk menentukan respon NPC terhadap kondisi tertentu. Dengan cara membandingkan perhitungan manual dan perilaku yang dihasilkan pada game, dan menggunakan nilai masukan variable kesehatan NPC dan jarak NPC terhadap pemain yang bervariatif menunjukan hasil yang sama atau berjalan sesuai rancangan. Dari pengujian yang telah dilakukan, hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada gane adventure “The Last Samurai” ini. Karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian, presentase yang dicapai yakitu 100 % berhasil. Kata kunci : Finite State Machine, Fuzzy, NPC, game Adventure, kecerdasan buatan, Unity 3D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Finite State Machine, Fuzzy, NPC, game Adventure, kecerdasan buatan, Unity 3D.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 04 Mar 2019 03:30
Last Modified: 13 Mar 2019 03:14
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2712

Actions (login required)

View Item View Item