MEMODIFIKASI CHASIS MOBIL HEMAT ENERGI DENGAN KEKUATAN LAS TERHADAP BEBAN STATIS

ANANJAYA, ARIF (2019) MEMODIFIKASI CHASIS MOBIL HEMAT ENERGI DENGAN KEKUATAN LAS TERHADAP BEBAN STATIS. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
skripsi lengkap fix.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

MEMODIFIKASI CHASIS MOBIL HEMAT ENERGI DENGAN KEKUATAN LAS TERHADAP BEBAN STATIS ARIF ANANJAYA ( 15.11.107 ) Dosen Pembimbing; Ir. H. Anang Subardi, MT Jurusan Teknik Mesin S-1, FTI – Institut Teknologi Nasional Malang E-mail : arifanan555@yahoo.com ABSTRAK Seiring dengan kebutuhan mobilitas dari masyarakat semakin meningkat terutama pergerakan manusia dan barang dengan menggunakan kendaraan darat dan dengan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dibuatlah kendaraan yang hanya menggunakan lebih sedikit bahan bakar, dengan memodifikasi komponen yang ada di dalam mobil hemat ini, tetapi tidak mengurangi kenyamanan yang ada pada kendaraan tersebut, diantaranya beberapa aspek antara lain kestabilan, kenyamanan, keamanan, dan efisien. Pada penelitian ini dilakukan rancang bangun sebuah konsep baru kendaraan hemat bahan bakar di Indonesia, dengan bentuk yang cukup futuristic, kendaraan ini dirancang berkapasitas satu orang. Penentuan center of gravity yang tepat diperlukan untuk mendapatkan kendaraan yang stabil. Perancangan dilakukan dengan melakukan perumusan pada sudut slip. Selain itu juga perlu dilakukan analisa kekuatan pada struktur rangka, supaya struktur rangka yang dirancang cukup aman. Dengan hasil perhitungan distribusi beban statis beban mesin di distribusikan ke sisi kanan dan kiri rangka sebesar 37,5 kg, karena jarak tumpuan sama. Reaksi tumpuan pada sumbu roda depan dan belakang ditinjau dari tegangan geser sebesar 1,5625 n/m2 . defleksi yang terjadi digunakan beban yang menimbulkan momen lentur dari pengemudi sebesar 4,38 mm sedangkan defleksi maksimal yang di ijinkan sebesar 5 mm jadi dapat disimpulkan rangka terbukti aman terhadap tegangan dan defleksi yang terjadi pada mobil hemat energy. Kata Kunci : Prototipe Mobil Irit, Chasis dan beban statis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prototipe Mobil Irit, Chasis dan beban statis.
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Mahasiswa Mesin S1
Date Deposited: 26 Mar 2019 01:35
Last Modified: 26 Mar 2019 01:35
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2771

Actions (login required)

View Item View Item