Utomo, Addy (2015) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN LISTENING COMPREHENSION. INDUSTRI INOVATIF, 5 (1).
Text
1397-37-2392-1-10-20171018.pdf Download (249kB) |
Abstract
Salah satu sarana yang harus dikuasai dalam menghadapi era globalisasi dan komunikasi ini adalah penguasaan bahasa Inggris baik secara verbal maupun non verbal.Mata kuliah bahasa Inggris dasar yang hanya disajikan selama satu semester bagi mahasiswa di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kurang mendukung penguasaan bahasa Inggris mahasiswa. Dari hasil test TOEFL prediction sebagai persyaratan Tugas Akhir (TA) diperoleh hasil prosentase kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal ‘listening comprehension’ adalah tigapuluh enam persen (36%). Sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan mengerjakan soal-soal ‘listening comprehension’ karena kosakata yang mereka miliki terbatas, tidak dapat menangkap maksud dari pengucapan pembicara karena kurangnya latar belakang pengetahuan tentang topic yang sedang dibicarakan dan terlalu cepat. Maka pengembangan strategi yang berbasis multimedia pembelajaran sangat dibutuhkan oleh para dosen bahasa Inggris terutama sekali dalam memotivasi mahasiswa dalam meningkatkan prestasi dan kemampuan bahasa Inggis. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuannya adalah menyelesaikan masalah yang dihadapi mahasiswa di dalam kelas bahasa Inggris, terutama materi Listening Comprehension. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data penelitian meliputi tes, catatan lapangan, lembar observasi, dan kuesioner. Peneliti berkolaborasi dengan instruktur bahasa Inggris laboratorium bahasa untuk menerapkan strategi yang sudah disusun berdasarkan lesson plan. Sementara instruktur melakukan proses belajar mengajar dengan mahasiswa, peneliti bertugas untuk mengobservasi dan mencatat hal-hal yang terjadi selama proses berlangsung. Proses pembelajaran diawali dengan kegiatan opening, aktifitas utama, dan closing. Hasil di atas menunjukkan bahwa 34,6 % mahasiswa masih di bawah standart kriteria sukses sementara ada 65,4% mahasiswa yang sudah mencapai standart nilai yang diharapkan dari pembelajaran ini. Model pembelajaran listening skill berbasis multimedia yaitu model pembelajaran yang menggunakan computer sebagai alat interaktif dan terintegrasi yang mencakup audio dan visual. Hal ini didukung oleh media audio visual yang merupakan seperangkat alat yang terdiri dari satu set komputer dan LCD proyektor yang dapat menghasilkan suara dan gambar sebagai alat bantu penyampaian materi dalam proses belajar mengajar. Dan model pembelajaran ini sesuai diterapkan dalam pembelajaran Listening skillyang bertujuan melatihkemampuan menangkap ide pokok dan menyimpulkan isi dari teks-teks atau percakapan lisan. Model pembelajaran ini juga mampu meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari partisipasi aktif mahasiswa terutama dalam tahap kegiatan utama dan closing. Variasi topik diskusi juga merupakan strategi yang diterapkan untuk implementasi model pembelajaran ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, model pembelajaran |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Tasya Debbie Astia |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 01:41 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 01:41 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2893 |
Actions (login required)
View Item |