PRIORITAS STRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN UNGGULAN DI KABUPATEN DOMPU

Andriani, Nining (2018) PRIORITAS STRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN UNGGULAN DI KABUPATEN DOMPU. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
JURNAL TUGAS AKHIR.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (239kB)
[img] Text
skripsi benar.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (42MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Pembangunan ekonomi daerah dapat mensejahterakan masyarakat dengan pengembangan potensi dan mengatasi masalah yang ada di daerah tersebut sehingga adanya nilai tambah yang diperoleh yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satu penunjang pembangunan ekonomi kearah positif adalah disektor pertanian, dimana sektor pertanian berperan sangat penting dalam pembangunan ekonomi dimana hasil dari pertanian dapat meningkatkan pendapatan daerah yang dapat meningkatkan dan mensejahterakan masyarakat. Potensi yang ada di Kabupaten Dompu khususnya disektor pertanian tanaman pangan memegang kontribusi tertinggi pembentuk PDRB dimana hasil produksi pertanian setiap tahunnya meningkat. Namun potensi tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para petani yang ada di Kabupaten Dompu karena hasil produksi pertanian tanaman pangan yang dijual masih dalam bentuk bahan baku atau mentah sehingga tidak dapat meningkatkan nilai tambah yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan komoditas pertanian tanaman pangan unggulan menggunakan Analisa Location Quotient dan Shift Share, menentukan strategi dan prioritas strategi pengembangan komoditas pertanian tanaman pangan unggulan di Kabupaten Dompu menggunakan metode analisa SWOT dan metode analisa A’WOT. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan bahwa komoditas tanaman pangan unggulan di Kabupaten Dompu adalah komoditas padi di Kecamatan Dompu dan komoditas jagung di Kecamatan Kilo, Kempo dan Manggelewa. Prioritas utama strategi pengembangan komoditas unggulan tersebut adalah merencanakan pembangunan industri pengolahan hasil produksi padi dan jagung seperti olahan pakan ternak di Kecamatan Manggelewa dan Woja. Kata Kunci : Strategi pengembangan, komoditas unggulan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan, komoditas unggulan Abstrac
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Eddy Supriadi
Date Deposited: 21 Jan 2019 06:26
Last Modified: 06 Mar 2019 01:12
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item