PENERAPAN METODE FUZZY PADA GAME 3D “SIMPLE WAY”

Hakiki, Insan (2018) PENERAPAN METODE FUZZY PADA GAME 3D “SIMPLE WAY”. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1418065_laporan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PENERAPAN METODE FUZZY PADA GAME 3D “SIMPLE WAY” Insan Hakiki (1418065) Program Studi Teknik Informatika S-1 Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang Jl. Raya Karanglo Km. 2 Tasikmadu, Malang Email : 1418065@scholar.itn.ac.id Dosen Pembimbing : 1. Joseph Dedy Irawan, ST, MT 2. Febriana Santi W., S.Kom.M.Kom ABSTRAK Permainan atau yang lebih dikenal sebagai game memiliki beberapa jenis, salah satu jenis game yang sering dimainkan oleh masyarakat yaitu game berjenis petualangan atau adventure. Game jenis petualangan memberikan tantangan yang harus diselesaikan agar tujuan maupun kemenangan dapat diraih. Adapun beberapa tampilan antarmuka yang disajikan oleh game berjenis adventure ini agar lebih menarik. Salah satunya yaitu antarmuka side scrolling, dimana game akan disajikan dalam sudut pandang kamera yang dapat dilihat dari samping. Logika fuzzy merupakan metode dalam kecerdasan buatan yang digunakan untuk menangani kondisi ketidakpastian. Ketidakpasitan dalam logika fuzzy dapat diartikan sebagai kondisi masalah yang di alamnya mengandung unsur – unsur keraguan, kurang lengkapnya informasi, dan nilai dari kebenaran bersifat mendekati ataupun sebagian. Penelitian ini bertujuam untuk merancang bangun game adventure yang memiliki unsur kecerdasan buatan di dalamnya. Dengan diterapkannya logika fuzzy pada boss enemy, maka diharapkan boss enemy mampu meberikan perilaku yang berbeda terhadap terhadap pemain berdasar kondisi atau rule yang dirancang. Game adventure yang dirancang dalam penelitian ini, dibangun menggunakan 3D Game Engine Unity sebagai aplikasi yang mampu memberikan pemodelan berorientasi objek. Tahapan pengujian yang dilakukan berupa pengujian fungsional, pengujian kecerdasan buatan, dan yang terakhir dialanjutkan dengan pengujian terhadap user. Berdasar rangkaian pengujian yang telah dilaksanakan, dapat diketahaui bahwa dengan diterapkannya metode fuzzy pada boss enemy maka logika fuzzy mampu membuat boss enemy sedikit sulit untuk dikalahkan. Hal ini dikarenakan boss enemy memiliki indkasi nilai kesehatan yang diperhatikan serta kemampuan untuk mengamati jarak dengan pemain. Dengan demikian, game yang dirancang memiliki tantangan yang lebih menarik dan memberikan ketertarikan kepada user yang memainkan. Kata kunci : Kecerdasan Buatan, Fuzzy Logic, Game Adventure, Unity 3D, Non - Playable Character.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Buatan, Fuzzy Logic, Game Adventure, Unity 3D, Non - Playable Character.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 26 Mar 2019 01:42
Last Modified: 26 Mar 2019 01:42
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item View Item