PENGURANGAN ANTRIAN KENDARAAN MELALUI PERHITUNGAN PENYALAAN LAMPU LALU LINTAS YANG OPTIMAL

Adriantantri, Emmalia and Irawan, Joseph Dedy and Munasih, Munasih (2014) PENGURANGAN ANTRIAN KENDARAAN MELALUI PERHITUNGAN PENYALAAN LAMPU LALU LINTAS YANG OPTIMAL. INDUSTRI INOVATIF, 4 (1).

[img] Text
1382-37-2362-1-10-20171017.pdf

Download (943kB)

Abstract

Jalan raya merupakan suatu fasilitas transportasi yang amat penting, bagi perkembangan perekonomian suatu daerah, karena sangat memperngaruhi kelancaran mobilitas masyarakat. Oleh sebab itu dengan bertambahnya jumlah kendaraan menyebabkan kepadatan lalu lintas yang tinggi dan mengakibatkan kemacetan bahkan bisa terjadi kecelakaan lalu lintas. Seperti yang terjadi di kota Malang, jumlah pemilik kendaraan bermotor terus bertambah. Akibatnya, menimbulkan kepadatan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan, dimana antisipasi dengan pelebaran jalan tampaknya sulit untuk dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada persimpangan jl A.Yani dan Borobudur. Dimana pada persimpangan tersebut sering timbul kemacetan, terutama di jam dan hari tertentu. Untuk itu, peneliti ingin mengetahui pola kedatangan, jumlah kedatangan dan keluaran kendaraan, sehingga dapat diketahui jumlah antrian dan tingkat pelayanan dari lampu lintas. Untuk selanjutnya dilakukan perhitungan nyala lampu yang optimal untuk mengurangi kemacetan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori antrian untuk menghitung tingkat pelayanan lampu lalu lintas (traffic light) dan perhitungan nyala lampu lalu lintas optimal menggunakan teori Webster. Hasil penelitian ini adalah tingkat kegunaan bagian pelayanan(p) dari : arah Jl. Borobudur ke Jl. A.Y. Selatan sebesar 1,05, arah A.Y. Selatan ke Jl. A.Y. Utaradi peroleh (p) sebesar 1,02, arah A. Y. Utara ke Jl. Borobudur diperoleh(p)1,02. Sedangkan waktu penyalaan lampu lalu lintas (traffic light) optimal yang diperoleh di persimpangan Blimbing, Jl. A. Yani dan Jl. Borobudur, sebagai berikut : dari Jl. Borobudur ke Jl. Ahmad Yani selatan dengan pelayanan nyala lampu merah 69 detik, nyala lampu hijau 21 detik dan nyala lampu kuning 3 detik. Dari arah Jl. Ahmad Yani Selatan ke Jl. Ahmad Yani Utara dengan pelayanan nyala lampu merah 63 detik, nyala lampu hijau 27 detik dan nyala lampu kuning 3 detik. Dari arah Jl. Ahmad Yani Utara ke Jl. Borobudur dengan pelayanan nyala lampu merah 50 detik, nyala lampu hijau 40 detik dan nyala lampu kuning 3 detik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: antrian, tingkat pelayanan, penyalaan lampu optimal
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1
Depositing User: Tasya Debbie Astia
Date Deposited: 27 Mar 2019 00:42
Last Modified: 27 Mar 2019 00:42
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2962

Actions (login required)

View Item View Item