Optimasi Offset Sinyal Simpang Bersinyal Pada ATCS (Area Traffic Control System)

Sebayang, Nusa and Sulistio, Harnen and Djakfar, Ludfi and Wicaksono, Achmad (2015) Optimasi Offset Sinyal Simpang Bersinyal Pada ATCS (Area Traffic Control System). SENATEK. ISSN 2407 – 7534

[img] Text
1288-385-2211-1-10-20170915.pdf

Download (574kB)

Abstract

Permasalahan kemacetan lalu lintas pada sebagian besar Perkotaan di Indonesia adalah terjadi pada simpang bersinyal yang jaraknya berdekatan, sementara system pengendali simpang bersinyal yang digunakan sebagian besar adalah system isolated. Salah satu upaya mengurangi kemacetan lalu lintas yang dapat dilakukan adalah memperlancar pergerakan kendaraan dalam melintasi beberapa simpang bersinyal tersebut. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan system pengendalai simpang terpadu ATCS (Area Traffic Control System). Beberapa Kota di Indonesia telah pula mencoba menerapkan system tersebut namun pemanfaatan system ATCS belum optimal. Permasalahan yang dihadapi adalah kesulitan mengkoordinasikan sinyal antar simpang pada sistem ATCS tersebut. Penelitian ini mengembangkan metode praktis dalam menggoordinasikan sinyal antar simpang pada ATCS. Pengembangan Model Optimasi Sinyal menggunakan pendekatan Cell Transmission Model (CTM). Model ini digunakan untuk mengoptimalkan offset sinyal pada ATCS sehingga tundaan pergerakan kendaraan dapat diminimalkan. Penelitian dilakukan di Kota Malang yaitu di Ruas Jalan Panji Soroso terhadap 4 simpang bersinyal yaitu (1) Simpang Jalan Panji Suroso-Jalan Panji Suroso, (1) Simpang Jalan Panji Suroso-Jalan Raya Golf Araya, (3) Simpang Jalan Panji Suroso_Jalan Plaosan, (4) Jalan Panji Suroso-Jalan Laksamana Adi Sucipto. Penerapan model optimasi sinyal pada 4 simpang bersinyal tersebut mendapatkan hasil yaitu offset sinyal Simpang-1 ke Simpang-2 sebesar 60 detik, Offset sinyal antara simpang-1 ke Simpang-3 adalah sebesar 18 detik dan besar offset sinyal antara simpang-1 ke simpang-4 adalah sebesar 57 detik. Sedangkan besar tundaan total yang dialami seluruh kendaraan yang melintasi simpang tersebut adalah sebesar 14.232,00 detik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Offset Optimum, Minimasi Tundaan , ATCS, Cell Transmission Model
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1
Depositing User: Tasya Debbie Astia
Date Deposited: 27 Mar 2019 00:42
Last Modified: 27 Mar 2019 00:42
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item View Item