KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TIDAK TERCAPAINYA ISI DOKUMEN KONTRAK KONSTRUKSI PADA PEMBANGUNAN PERUMAHAN KOTA ARAYA MALANG

Muttaqin, Andik Dwi (2014) KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TIDAK TERCAPAINYA ISI DOKUMEN KONTRAK KONSTRUKSI PADA PEMBANGUNAN PERUMAHAN KOTA ARAYA MALANG. Masters thesis, ITN Malang.

[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Andik Dwi Muttaqin, 2013, Kajian Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Tidak Tercapainya Isi Dokumen Kontrak Konstruksi pada Pembangunan Perumahan Kota Araya Malang. Tesis, Program Studi Teknik Sipil, Program Pascasarjana ITN Malang, Pembimbing: ( I ) Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MTA., ( II ) Ir. H. Edi Hargono D Putranto, MS. Kata kunci : kontrak konstruksi, aspek hukum. Pada pembangunan perumahan sering kali terjadi permasalahan dan perselisihan hal ini dipengaruhi oleh kurangnya kelengkapan dan kejelasan isi dokumen kontrak konstruksi. Penelitian ini bertujuan mendapatkan; faktor apa saja yang berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap tidak tercapainya isi dokumen kontrak konstruksi pada pembangunan perumahan serta faktor apa yang paling dominan. Identifikasi faktor-faktor tersebut diperoleh dari kuisioner yang hasilnya dianalisa dengan analisa faktor untuk mendapatkan beberapa variabel yang berpengaruh secara signifikan, dan analisa jalur untuk mendapatkan faktor yang berpengaruh langsung maupun tidak langsung serta variabel yang paling dominan. Hasil analisis menunjukkan faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi langsung maupun tidak langsung terhadap tidak tercapainya isi dokumen kontrak konstruksi adalah aspek teknis dan aspek hukum. Pengaruh total aspek teknis sebesar 7,2% dan aspek hukum 39,7%. Aspek teknis memiliki pengaruh langsung sebesar 1,1% dan pengaruh tidak langsung melalui waktu pelaksanaan pekerjaan sebesar 6,1%. Aspek hukum memiliki pengaruh langsung sebesar 16,3% dan pengaruh tidak langsung melalui waktu pelaksanaan pekerjaan sebesar 23,4%. Faktor yang paling dominan mempengaruhi tidak tercapainya dokumen kontrak konstruksi adalah aspek hukum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kontrak konstruksi, aspek hukum.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Sipil S2 > Teknik Sipil S2(Tesis)
Depositing User: SAP Haning Tri Novianti
Date Deposited: 21 Jan 2019 06:35
Last Modified: 09 May 2019 01:44
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item View Item