Pengembangan Wisata Pantai Kolbano Berdasarkan Persepsi Stakeholder Di Desa Spaha, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan – Provinsi NTT

Dede, Maria Bernadethe Wea (2018) Pengembangan Wisata Pantai Kolbano Berdasarkan Persepsi Stakeholder Di Desa Spaha, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan – Provinsi NTT. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Obyek wisata Pantai Kolbano, yang berlokasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan memiliki potensi alam seperti keunikan hamparan batu warna yang menggantikan pasir pantai dan Fatu’un yang menjadi landmark wisata pantai Kolbano, keindahan pemandangan air laut berupa degrarasi warna antara biru dan putih, vegetasi/ tanaman serta gelombang laut yang besar yang membawa kesan tersendiri. Adapun masalah yang ada di Wisata Pantai Kolbano ialah belum adanya pengembangan wisata Pantai Kolbano sebagai obyek wisata, belum ada keterlibatan semua stakeholder atau pelaku wisata yang ada di wisata pantai Kolbano dalam upaya pengembangan wisata Pantai Kolbano sehingga mempengaruhi tata kelolah wisata Pantai Kolbano yang juga berdampak pada penyediaan amenitas, akomodasi dan transportasi. Serta tujuan dari penelitian ini adalah untuk merusmuskan strategi pengembangan wisata Pantai Kolbano. Metode pengumpulan menggunakan metode observasi, wawancara, kuisioner serta data sekunder yang diperoleh dokumen, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Sedangkan metode analisa yaitu deskriptif, analisa likert untuk menentukkan komponen pengembangan wisata Pantai Kolbano berdasarkan persepsi stakeholder, serta analisa EFAS dan IFAS untuk menentukkan strategi.. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan wisata Pantai Kolbano terdiri dari strategi utama dan strategi pendukung, strategi utama yaitu 1) mempertahankan dan menjaga keindahan wisata pantai kolbano, 2) meningkatkan atau menambah atraksi dan aktivitas wisata di Pantaikolbano, 3) Penyediaan sarana dan prasarana wisata yang tidak ada maupun yang masih kurang, 4) membangun kerjasama antara pemerintah dan swasta. Strategi pendukung 1) mengoptimalkan promosi dan informasi, 2) peningkatan kesadaran masyarakat dan wisatawan terhadap kelestarian lingkungan. Kata Kunci :Pantai Kolbano, Persepsi Stakeholder, Strategi Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pantai Kolbano, Persepsi Stakeholder, Strategi Pengembangan
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Eddy Supriadi
Date Deposited: 21 Jan 2019 07:16
Last Modified: 06 Mar 2019 01:18
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item