STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (HOME INDUSTRI KERAJINAN ROTAN) KELURAHAN :BALEARJOSARI, BLIMBING, PURWANTORO, PURWODADI KOTA MALANG

Prihambodho, Agni (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (HOME INDUSTRI KERAJINAN ROTAN) KELURAHAN :BALEARJOSARI, BLIMBING, PURWANTORO, PURWODADI KOTA MALANG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kota Malang memiliki home industri kerajinan rotan yang ada Kelurahan Balearjosari, Blimbing, Purwantoro, Purwodadi ada sejak tahun 2010. Home industri kerajinan rotan sintetis telah di tetapkan sebagai produk unggulan Kecamatan Blimbing. Home industri kerajinan rotan sintetis semula hanya berada Kelurahan Balearjosari yang kini telah menyebar dibeberapa titik kerajinan di 4 Kelurahan. Namun pada tahun 2010 hingga 2015 penurunan pegawai kerajinan rotan sintetis dengan menurunnya dikarenakan bahan baku rotan alami yang habis dan diganti rotan sintetis, sehingga penurunan pegawai setiap tahunnya dan meningkatnya tingkat produktif angka kemiskinan. Adanya penurunan pegawai tujuan strategi pengembangan ekonomi lokal home industri kerajinan rotan dengan sasaran mengidentifikasi, menentukan faktor, melihat potensi dan masalah, rencana strategi pengembangan ekonomi lokal home industri kerajinan rotan. Untuk pengembangan ekonomi lokal tersebut ada metode analisis yang digunakan yaitu mengidentifikasi lokasi efektif dan efisien dengan metode DEA (Data Envelope Analisis), Skala Likert dan PPA (Parctifatory Prospective Analysis) menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan, Tabel Potensi dan Masalah setiap lokasi home industri, Deskriptif Kualitatif untuk rencana pengembangan ekonomi lokal home industri kerajinan rotan. Hasil analisis dari 4 metode yang digunakan menghasilkan Strategi pengembangan home industri kerajinan rotan Kelurahan Balearjosari, Blimbing, Purwantoro, Purwodadi dengan faktor-faktor yang mempengaruhi disetiap lokasi inti dan pendukung untuk pengembangan yaitu lokasi Pemasaran, Bahan baku, Produksi, Pengolahan bahan baku dengan peningkatan kualitas keterampilan masyarakat dan pegawai untuk menjadi mandiri dimasa yang akan datang. Kata Kunci : Strategi, Pengembangan, Home Industri .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Home Industri .
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Eddy Supriadi
Date Deposited: 21 Jan 2019 07:35
Last Modified: 06 Mar 2019 01:34
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item