Guntara, Fijar Alija (2018) GAME PERTUALANGAN “SHERIFF VILLAGE ” DENGAN METODE FINATE STATE MACHINE. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Text
Jurnal Sheriff Village fijar 1418142.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
GAME PERTUALANGAN “SHERIFF VILLAGE ” DENGAN METODE FINATE STATE MACHINE TEKNIK INFORMATIKA INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG Fijar Alija Guntara Teknik Informatika – ITN Malang e-mail: fijaralija3@gmail.com ABSTRAK Finite State Machine (FSM) adalah sebuah metode perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game. Metode FSM dapat diterapkan untuk nilai-nilai batas perpindahan yang pasti dan sangat mudah diterapkan pada game Adventure “Sheriff Village”. Game ini merupakan sebuah game berbasis desktop genre petualangan dengan sub-genre simulasi dan menggunakan grafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan tools Unity3D dan bahasa pemrograman C#(Sharp). Hasil dari penelitian ini adalah terealisasinya suatu game dengan menerapkan metode finite state machine untuk menentukan respon karakter non-player character yang berbeda tergantung dari interaksi yang dilakukan oleh pemain. Dalam game ini menggunakan game engine Unity3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine). FSM (Finite State Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) atau karakter musuh, yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Boss yang menggunakan tiga hal yaitu : Keadaan, Kejadian, dan Aksi. Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure “Sheriff Village” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian persentase yang di capai yaitu 100 % berhasil. Kata kunci : game, Adventure Sheriff Village, FSM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game, Adventure Sheriff Village, FSM |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Ms Nunuk Yuli |
Date Deposited: | 27 Mar 2019 05:23 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 05:23 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3086 |
Actions (login required)
View Item |