GAME CINTA BUDAYA SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL DAN PAKAIAN DAERAH BERBASIS ANDROID

Busthomi, Kahfi Davy (2018) GAME CINTA BUDAYA SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL DAN PAKAIAN DAERAH BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

GAME CINTA BUDAYA SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL DAN PAKAIAN DAERAH BERBASIS ANDROID TEKNIK INFORMATIKA INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG Kahfi Davy Busthomi Teknik Informatika – ITN Malang e-mail: kahfidavyb@gmail.com ABSTRAK Indonesia sebagai negara berkembang menjadi salah satu negara yang terkena dampak dari globalisasi. Globalisasi dapat memberi pengaruh yang positif dan negatif terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Budaya merupakan salah satu aspek yang terkena dampak negatif dari globalisasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kalangan muda yang lebih menyukai budaya-budaya asing. Untuk membuat budaya Indonesia menarik kepada kalangan muda, dibuat sebuah game berbasis android yang bertemakan kebudayaan Indonesia dengan genre Endless Runner. Tujuan dari game ini adalah mengenalkan lima senjata tradisional dan lima pakaian daerah Indonesia. Game ini penulis khususkan kepada siswa kelas 3 SD/MI karena sudah adanya kurikulum tematik 2013 yang mewajibkan siswa kelas 3 SD/MI menghafal setidaknya lima senjata tradisional dan lima pakaian daerah Indonesia. Adapun metode Procedural Content Generation (PCG) yang penulis pakai sebagai pendukung dari sistem yang akan dibuat. PCG sendiri berfungsi untuk memuat konten yang ada agar dapat ditampilkan secara otomatis seiring dengan berjalannya game. Dari paparan diatas, penulis berharap agar game ”Cinta Budaya” ini dapat membantu siswa kelas 3 SD/MI menghafal 5 senjata tradisional dan 5 pakaian daerah yang ada dalam game ini atau bahkan menumbuhkan rasa cinta kaula muda terhadap budaya Indonesia. Karena keterbatasan waktu yang dimiliki, penulis hanya bisa menampilkan 5 senjata tradisional dan 5 pakaian daerah. Oleh karena itu, saran kedepannya agar bisa memperbanyak lagi budaya yang ditampilkan pada game ini agar wawasan yang diberikan dapat lebih luas lagi. Kata kunci : Budaya, Pakaian, Senjata, Adat, Daerah, Tradisional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya, Pakaian, Senjata, Adat, Daerah, Tradisional
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 27 Mar 2019 06:06
Last Modified: 27 Mar 2019 06:06
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3087

Actions (login required)

View Item View Item