Istiqoma, Maria (2017) PRELIMINARY STUDY: EKSPLORASI LAYOUT TEMPAT DUDUK UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PROGRAM STUDI ARSITEKTUR. Spectra, XV (29). pp. 81-88.
Text
764-61-1282-1-10-20170807.pdf Download (303kB) |
Abstract
Layout tempat duduk selama ini dikenal model klasikal, yaitu dengan tata letak meja dan kursi ditata secara berbaris-baris (in rows). Bentuk layout ini sangat membatasi kebebasan mahasiswa berinteraksi satu sama lain yang hanya berfokus pada individu untuk mendengarkan kuliah dari dosen dan mengerjakan tugas secara individu dan terpisah -pisah. Fenomena tersebut sangat bertolak belakang dengan fokus pembelajaran Bahasa Inggris yang berupaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa satu dengan lainnya. Maka diperlukan adanya suatu kondisi yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran tersebut, yaitu penyediaan lingkungan pembelajaran yang efektif. Studi awal ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengeksplanatori tipe-tipe layout tempat duduk. Metode pendekatan pada studi kualitatif ini yaitu dengan jenis eksplorasi dan eksplanatori fenomena terpilih. Dengan fenomena terpilih yaitu ragam layout tempat duduk yaitu: 1. Formasi Huruf U, 2.Tipe Lingkaran, 3. Tipe klaster. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan fenomena hingga didapatkan temuan berupa hipotesa, yang nantinya dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layout tempat duduk, pembelajaran Bahasa Inggris |
Subjects: | Engineering > Architectural Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1 |
Depositing User: | Susanti Nilasari |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 03:24 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 03:24 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3122 |
Actions (login required)
View Item |