PRELIMINARY STUDY: EKSPLORASI LAYOUT TEMPAT DUDUK UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PROGRAM STUDI ARSITEKTUR

Istiqoma, Maria (2017) PRELIMINARY STUDY: EKSPLORASI LAYOUT TEMPAT DUDUK UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PROGRAM STUDI ARSITEKTUR. Spectra, XV (29). pp. 81-88.

[img] Text
764-61-1282-1-10-20170807.pdf

Download (303kB)

Abstract

Layout tempat duduk selama ini dikenal model klasikal, yaitu dengan tata letak meja dan kursi ditata secara berbaris-baris (in rows). Bentuk layout ini sangat membatasi kebebasan mahasiswa berinteraksi satu sama lain yang hanya berfokus pada individu untuk mendengarkan kuliah dari dosen dan mengerjakan tugas secara individu dan terpisah -pisah. Fenomena tersebut sangat bertolak belakang dengan fokus pembelajaran Bahasa Inggris yang berupaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa satu dengan lainnya. Maka diperlukan adanya suatu kondisi yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran tersebut, yaitu penyediaan lingkungan pembelajaran yang efektif. Studi awal ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengeksplanatori tipe-tipe layout tempat duduk. Metode pendekatan pada studi kualitatif ini yaitu dengan jenis eksplorasi dan eksplanatori fenomena terpilih. Dengan fenomena terpilih yaitu ragam layout tempat duduk yaitu: 1. Formasi Huruf U, 2.Tipe Lingkaran, 3. Tipe klaster. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan fenomena hingga didapatkan temuan berupa hipotesa, yang nantinya dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: layout tempat duduk, pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: Engineering > Architectural Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1
Depositing User: Susanti Nilasari
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:24
Last Modified: 28 Mar 2019 03:24
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3122

Actions (login required)

View Item View Item