Dedy Irawan, Joseph and Adriantantri, Emmalia (2018) PEMANFAATAN QR-CODE SEGABAI MEDIA PROMOSI TOKO. Jurnal MNEMONIC, 1 (2).
Text
2177-277-3680-1-10-20181218.pdf Download (885kB) |
Abstract
QR-Code (Quick Response Code) merupakan pengembangan dari Bar-Code yang dulunya merupakan kode saru dimensi menjadi kode dua dimensi dengan kemampuan menyimpan data lebih besar dibandingkan dengan BarCode, dengan menggunakan QR-Code data yang bisa disimpan dapat berupa kode angka, huruf, binary serta huruf kanji, kode ini sudah diterapkan untuk berbagai bidang. Salah satu penggunaan QR-Code adalah sebagai media untuk melakukan promosi bagi toko, karena dengan menggunakan kode ini dan dengan bantuan internet maka akan terbentuk suatu sistem promosi dengan biaya burah tetapi dapat mencakup area yang sangat luas. Media promosi ini dilakukan dengan cara mempersiapkan data-data barang atau produk yang dijual di toko, kegiatan promosi seperti diskon dan promo yang akan dilakukan toko. Dari data tersebut dimasukkan ke dalam database, kemudian tautan (hyperlink) dari data promosi tersebut disimpan dalam bentuk QR-Code, pelanggan dengan bantuan kamera handphone dapat melakukan scanning dari QR-Code yang diinginkan, dan dengan memasang aplikasi dalam handphone pelanggan maka kode tersebut akan dikirim ke server dan pelanggan akan dikirim informasi promosi yang dilakukan oleh toko, proses ini akan mempermudah pelanggan mencari produk yang diinginkan karena tidak perlu melakukan proses pencarian dari internet, tetapi cukup melakukan scanning dari QR-Code.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | QR-Code, Promosi Toko, pemasaran melalui internet |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 |
Depositing User: | Mr Sayekti Aditya Endra |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 03:25 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 03:25 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3302 |
Actions (login required)
View Item |