Ruang Kuliah Pintar Pemantau Tingkat Efektivitas Pembelajaran Yang Dapat Mendeteksi Mahasiswa Bosan Dan Mengantuk

Dedy Irawan, Joseph and Handoko, Fourry and Adriantatri, Emmalia (2019) Ruang Kuliah Pintar Pemantau Tingkat Efektivitas Pembelajaran Yang Dapat Mendeteksi Mahasiswa Bosan Dan Mengantuk. Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri.

[img] Text
2449-73-4039-1-10-20190131.pdf

Download (545kB)

Abstract

Metode pembelajaran yang tidak tepat dapat mengakibatkan mahasiswa menjadi bosan dan mengantuk, akan tetapi hal ini terkadang tidak disadari oleh dosen karena terlalu bersemangat dan konsentrasi menyampaikan materi perkuliahan tanpa memperhatikan ekspresi wajah dari mahasiswa yang mulai bosan dan mengantuk, pada saat mengantuk konsentrasi mahasiswa akan berkurang sehingga daya serap mereka akan semakin berkurang yang mengakibatkan proses pembelajaran menjadi tidak maksimal. Dengan perkembangan teknologi digital saat ini sangat memungkinkan dilakukan proses monitoring ekspresi mahasiswa dengan memanfaatkan kamera untuk mendapatkan citra digital dari wajah semua mahasiswa didalam kelas, kemudian dengan memanfaatkan proses pengolahan citra digital dapat diidentifikasi ekspresi dari masing-masing mahasiswa, sehingga dapat diketahui jika ada mahasiswa yang mulai bosan dan mengantuk. Ditambah dengan penerapan kecerdasan buatan pada sistem maka akan didapatkan sebuah ruang kelas yang mampu mengidentifikasikan jika dalam suatu kelas proses pembelajarannya tidak efektif, sehingga dapat dengan cepat diambil tindakan supaya proses belajar mengajar menjadi maksimal

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ruang kuliah pintar, efektivitas pembelajaran, pendeteksi siswa bosan dan mengantuk, pengolahan citra digital
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:30
Last Modified: 15 Apr 2019 03:30
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item