RANCANG BANGUN GAME “JACK THE GIANT KILLER” MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN FUZZY LOGIC

KUSUMAWARDANI, FEGI AMANDA DWI (2018) RANCANG BANGUN GAME “JACK THE GIANT KILLER” MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN FUZZY LOGIC. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
(9) ISI LAPORAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Banyaknya peminat game menimbulkan beraneka ragam cerita yang disajikan di dalam game. Ide cerita pada sebuah game dapat diangkat dari kehidupan nyata, olah raga, maupun cerita rakyat atau cerita dongeng. Seperti cerita dongeng “Jack and the Beanstalk” yang bercerita tentang pertualangan Jack dalam mengalahkan raksasa. Penyajian cerita kedalam sebuah game akan lebih menarik dibandingkan cerita yang hanya disajikan dalam bentuk tulisan pada sebuah buku. Game akan menyajikan cerita ke dalam bentuk visual yang menarik dengan tambahan musik, selain itu pengguna juga dapat berinteraksi dengan device ataupun pengguna lain. Dalam sebuah game terdapat karakter non-player yang akan berperan sebagai salah satu rintangan yang harus dihadapi oleh player. Perilaku karakter non-player dapat dibuat layaknya manusia atau hewan dengan menambahkan kecerdasan buatan di dalamnya. Salah satunya adalah metode Finite State Machine dan metode Fuzzy Logic. Metode Finite State Machine memiliki kesederhanaan dalam proses komputasi serta kemudahan dalam proses implementasinya akan memberikan respon perubahan perilaku berdasarkan kondisi yang terpenuhi. Sedangkan, metode Fuzzy Logic akan mengatur perilaku musuh berdasarkan nilai input yang dapat bernilai benar atau salah secara bersamaan. Game dikembangkan dengan menggunakan Unity 5.3.1 dan Adobe PhotoshopCS6 sebagai game engine dan karakter desain. Pengujian metode Finite State Machine dan Fuzzy Logic didapat hasil yang sesuai seperti musuh dapat bergerak dengan otomatis sesuai kecerdasan yang diterapkan pada karakter. Terdapat perbedaan hasil output pada perhitungan Fuzzy Logic antara game dan Matlab sebesar 2.4132%. Pada pengujian fungsional dari 35 aspek didapat semua fungsi berjalan dengan baik. Kata kunci : Fuzzy Logic, Finite State Machine, Game.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Logic, Finite State Machine, Game.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 15 Apr 2019 04:05
Last Modified: 15 Apr 2019 04:05
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item View Item