BENCHMARKING WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0

Adi Wibowo, Suryo and Rokhman, Moh. Miftakhur and Agus Pranoto, Yosep (2017) BENCHMARKING WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 3 (2). ISSN 2502-8995

[img] Text
bencmarking e-commerce menggunakan webqual.pdf

Download (290kB)
[img] Text (Ujiplagiasi)
(6)BENCHMARKING WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Pereview)
PDFsam_merge.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ujiplagiasi yosep)
cek similarity paper 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text (perview yosep)
peer review paper 3.pdf

Download (511kB)
[img] Text (Peereview)
Peereview_Brenchmarking.pdf

Download (524kB)
[img] Text (peereview)
peereview_J_Benchmarking.pdf

Download (593kB)

Abstract

Indonesia pada tahun 2015 tergabung dalam komunitas ekonomi negara-negara kawasan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yaitu ASEAN Economic Community (AEC) atau biasa disebut Masyrakat Ekonomi ASEAN (MEA). ASEAN menyepakati bahwa pelaksanaannya diarahkan pada integrasi ekonomi kawasan yang mengacu pada AEC Blueprint dimana disebutkan bahwa ASEAN sebagai kawasan dengan daya saing ekonomi tinggi dengan salah satu elemennya adalah e-commerce. Semakin banyaknya industri kecil dan menengah di wilayah kota Malang berkompetisi memasarkan produk ungulan dimana salah satu cara melakukan penetrasi pasar ke konsumen adalah dengan media e-commerce yang menggunakan metode Business to Customer (B2C). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan website e-commerce terutama pada bidang penjualan produk unggulan di wilayah kota malang dengan menggunakan instrumen dari WebQual 4.0 untuk mendapatkan data kualitas layanan e-commerce dari konsumen. Hasil penelitian dan analisa yang dilakukan terhadap tingkat kepuasan pelanggan website e-commerce di Malang menggunakan metode WebQual 4.0 dan perhitungan skala likert menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan terhadap variabel keputusan pembelian online secara simultan. Variabel Usability interaksi layanan mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian online, namun variabel Service Interaction terhitung paling rendah. Dengan begitu, perlu ditingkatkan nilai pada beberapa variabel dengan memperbaiki website sesuai variabel yang dibutuhkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Webqual 4.0, e-Commerce, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Kota Malang
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:27
Last Modified: 03 Dec 2020 03:13
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3343

Actions (login required)

View Item View Item