Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Pada Ruas Jalan Tumenggung Suryo Di Kota Malang

Bulu, Yulius (2019) Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Pada Ruas Jalan Tumenggung Suryo Di Kota Malang. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
Untitled(82).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang memegang peranan penting dalam sektor perhubungan darat, dalam kehidupan masyarakat modern dengan berkembangnya teknologi, pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk mengakibatkan banyaknya aktivitas kegiatan yang dilakukan, sedangkan kapasitas dan kinerja jalan yang menampung arus kendaraan, semakin terbatas. Pada kondisi ini sering menimbulkan kemacetan. Kinerja arus lalu lintas pada ruas jalan inin menjadi berkurang, karena disebabkan oleh berbagai faktor yang terjadi pada sisi jalan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah aktifitas pada sisi jalan atau hambatan samping berupa kendaraan keluar masuk, penyeberang jalan, dan kendaraan lambat. Jalan Tumenggung Suryo dipilih sebagai lokasi penelitian karena pada ruas jalan ini sering terjadi kemacetan yang diakibatkan oleh tingginya aktifitas sisi jalan berupa banyaknya kendaraan yang berhenti yang menaikkan dan menurunkan penumpang, parkir dibadan jalan, penyeberang jalan, kendaraan tidak bermotor, kendaraan yang keluar masuk sisi jalan, yang mempengaruhi arus lalu lintas, kecepatan, kapasitas. Untuk menunjang studi ini diperlukan sampel volume, kecepatan dan hambatan samping dengan survei lapangan pada kondisi eksisting yg dilaksanakan selama 4 hari dimulai pada hari Sabtu, 07 Juli 2018, Senin, 09 Juli 2018, Rabu, 11 Juli 2018, Kamis, 12 Juli 2018. Survei dilakukan untuk mengetahui tingkat kepadatan lalu lintas yang terklasifikasi dan jenis kendaraan dalam satuan waktu tertentu pada ruas jalan tersebut. Analisa kinerja ruas jalan ini menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 untuk perhitungan derajat kejenuhan, kapasitas, dan kecepatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingginya aktifitas sisi jalan atau hambatan samping cukup berpengaruh terhadap tingkat kinerja arus lalu lintas. Faktor hambatan samping yang sangat berpengaruh terhadap kecepatan arus lalu lintas adalah faktor kendaraan parkir 47 %, faktor kendaraan keluar masuk 43 %, faktor pejalan kaki 9 %, faktor kendaraan melambat 1 %, Selain itu diperoleh nilai kapasitas sebesar 1356 skr/jam, dengan derajat kejenuhan (DS) sebesar 1.98, dengan nilai tersebut sangat mempengaruhi kecepatan arus lalu lintas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hambatan samping, volume lalulintas, kecepatan, kapasitas
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 16 Apr 2019 06:13
Last Modified: 16 Apr 2019 06:13
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item