USULAN RANCANGAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS JALAN RAYA YANG ERGONOMIS DITINJAU DARI ASPEK DISPLAY SEHINGGA MEMBERI KENYAMANAN BAGI PENGGUNA JALAN

Hutabarat, Julianus (2010) USULAN RANCANGAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS JALAN RAYA YANG ERGONOMIS DITINJAU DARI ASPEK DISPLAY SEHINGGA MEMBERI KENYAMANAN BAGI PENGGUNA JALAN. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XI. ISSN 978-979-99735-9-7

[img] Text
USULAN RANCANGAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS JALANRAYAYANG ERGONOMIS DITINJAU DARI ASPEK DISPLAYSEHINGGA MEMBERI KENYAMANAN BAGI PENGGUNA JALAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Uji turnitin)
Usulan rancangan rambu-rambu lalu lintas jalan raya yang ergonomis ditinjau dari aspek display sehingga memberi kenyamanan bagi pengguna jalan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Usulan rancangan rambu-rambu lalu lintas.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di berbagai kota banyak rambu-rambu lalu lintas yang tidak memadai khususnya ikon rambu yang artinya tidak boleh putar balik kecuali roda dua. Dari segi ukuran ikon, letak penempatan ikon, dan maksud dari ikon rambu lalu lintas kurang dimengerti oleh pengguna jalan, sehingga sering kali para pengguna jalan merasa kurang nyaman pada waktu berkendara. Hal ini menyebabkan daya tangkap atau respon dari pengguna jalan berkurang bahkan terlambat untuk mengantisipasi bahasa verbal yang ada pada ikon rambu-rambu lalu lintas tersebut. Dengan adanya usulan tentang rancangan rambu-rambu lalu lintas yang baru ini di harapkan para pengguna jalan lebih cepat paham maksud dari rambu tersebut serta mampu meminimalisir angka kecelakaan sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui kriteria-kriteria rambu lalu lintas, menghitung bobot kriteria dengan metode AHP, untuk memperluas ruang desain digunakan peta morfologi, mengetahui desain terpilih menggunakan matrik zero-one dan matrik evaluasi, melakukan percobaan, kuesioner penentuan alternatif yang paling baik sekaligus hasil akhir. Dari hasil penelitian dan percobaan didapatkan ukuran rambu lalu lintas 70cm × 90cm, tinggi 3,5 meter, jarak pandang 11,1 meter, respon 2 detik serta model yang ideal untuk memberikan rekomendasi agar nantinya penelitian ini bisa bermanfaat bagi semua orang khususnya para pengguna jalan raya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: AHP, Peta Morfologi, Zero One, Matrik Evaluasi
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:19
Last Modified: 04 Feb 2020 06:02
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item View Item