PEMBUATAN GAME DANGEROUS ESCAPE DENGAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE)

Rahmadi, Jaka (2018) PEMBUATAN GAME DANGEROUS ESCAPE DENGAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PEMBUATAN GAME DANGEROUS ESCAPE DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE) TEKNIK INFORMATIKA INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG Jaka Rahmadi Teknik Informatika – ITN Malang e-mail: aegyssenigma@gmail.com ABSTRAK Computer adalah salah satu media yang paling banyak digunakan para pengembang industri game untuk mengeluarkan produknya, selain computer terdapat media lain untuk bermain game yaitu konsol game dan smartphone. Dalam game, musuh dan karakter merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam video game, untuk menjadikan game semakin menarik, karakter dan NPC (Non Playable Character), salah satunya musuh dalam game harus dapat meniru sifat atau perilaku manusia dalam dunia nyata. Untuk melakukan hal tersebut diperlukan kecerdasan buatan pada karakter NPC (Non Playable Character) pada musuh yaitu kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) yang menggunakan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada karakter musuh agar dapat mendeteksi keberadaan player. Dalam perancangan game ini, penulis menggunakan aplikasi berupa Unity3D dengan bahasa pemrograman C#. Game ini menerapkan metode kecerdasan buatan Finite State Machine yang menggunakan 3 state yaitu keadaan, kejadian, dan aksi, untuk menentukan aksi dengan jarak player ke musuh. Hasil pengujian game Dangerous Escape yang telah dilakukan menunjukan bahwa fungsi yang terdapat pada game dari menu utama hingga level 1, level 2 dan level 3 dapat berhasil. Metode kecerdasan buatan Finite State Machine yang diterapkan pada musuh, dapat mendeteksi keberadaan player dan menghasilkan output yang dapat menentukan aksi apa yang akan dilakukan oleh musuh. Dari hasil pengujian game Dangerous Escape pada user, dapat diketahui bahwa secara umum rata-rata nilai dari responden menganggap 70% game baik, 23% menganggap game cukup baik, dan 7% menganggap game masih kurang Kata kunci : Game, Unity3D, Finite State Machine, Non Player Character

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game, Unity3D, Finite State Machine, Non Player Character
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:32
Last Modified: 24 Apr 2019 04:32
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item