FPS GAME HUNT FOR LIFE MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

Yudistira, Vikkar Teguh (2017) FPS GAME HUNT FOR LIFE MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
2.ISI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

FPS GAME HUNT FOR LIFE MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE Vikkar Teguh Yudistira (1318153) Program Studi Teknik Informatika S-1 Institut Teknologi Nasional Malang Email : vickar_zelikoer@yahoo.co.id Dosen Pembimbing : 1. Ali Mahmudi B.Eng, Phd 2. Febriana Santi W, S.Kom, M.Kom Abstrak Saat ini perkembangan teknologi terus semakin maju. Terutama perkembangan teknologi dalam bidang komputer. Salah satunya adalah game atau yang biasa disebut dengan permainan di dalam komputer. Game merupakan aktifitas yang bersifat menghibur dan menyenangkan. Perkembangan game saat ini sangat pesat, terdapat banyak sekali game yang dapat dimainkan di dalam komputer, baik dari game yang sederhana sampai dengan game yang cukup rumit dalam pembuatannya. Sebuah game pasti memiliki AI (Artificial Intelligence) atau yang biasa disebut dengan kecerdasan buatan. Artificial Intelligence adalah salah satu bidang dalam ilmu komputer yang membuat komputer agar dapat bertindak seperti manusia. Didalam game, AI digunakan untuk merekayasa interaksi musuh, seoalah-olah mereka dapat bertindak dan merespon seperti makhluk hidup yang nyata. FSM (Finite State Machine) adalah salah satu AI, yang prinsip kerjanya menggunakan 3 hal yaitu state (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi). Pada game Hunt For Life metode ini diterapkan pada setiap musuh, yang fungsinya untuk memberi kecerdasan buatan agar musuh dapat merespon atau berinteraksi terhadap pemain.Didalam pembuatan game 3 dimensi, dibutuhkan suatu software yang dapat membuat model objek 3 dimensi. Software yang digunakan untuk membuat model 3 dimensi pada pembuatan game ini adalah software Blender 2.78. Sedangkan game engine yang digunakan untuk membangun game ini adalah software Unity3D. Unity3D adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Setelah menyelesaikan game Hunt For Life, dapat disimpulkan bahwa implementasi FSM (Finite State Machine) dapat diterapkan pada game 3 dimensi bergenre FPS (First Person Shooter), adventure dan survival dengan indikasi musuh dapat berinteraksi terhadap player dalam kondisi tertentu. Hasilnya respon musuh didalam game Hunt For Life, berjalan sesuai dengan rancangan kecerdasan buatan yang telah ditentukan. Game Hunt For Life hanya dapat berjalan pada platform desktop. Untuk pengembangan selanjutnya disarankan agar game ini dapat dimainkan ke platform mobile dengan system operasi android ataupun IOS. Kata kunci : Game, Artificial Intelligence, Finite State Machine , Blender, Unity3D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game, Artificial Intelligence, Finite State Machine , Blender, Unity3D
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 25 Apr 2019 01:58
Last Modified: 25 Apr 2019 01:58
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item