PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE UNTUK NON PLAYER CHARACTER PADA GAME LOST IN SPACE

Alqorni, Muhammad Hanif (2018) PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE UNTUK NON PLAYER CHARACTER PADA GAME LOST IN SPACE. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Muhammad-Hanif-Alqorni-1318071-Penerapan-Metode-Finite-State-Machine-untuk-Non-Player-Character-pada-Game-Lost-in-Space.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE UNTUK NON PLAYER CHARACTER PADA GAME LOST IN SPACE TEKNIK INFORMATIKA INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG Muhammad Hanif Alqorni Teknik Informatika – ITN Malang e-mail: hanif.alqorni@gmail.com ABSTRAK Terdapat media untuk bermain game yaitu konsol game computer dan smartphone. Computer salah satunya media yang paling banyak digunakan para pengembang industri game untuk mengeluarkan produknya. Dalam game, musuh dan karakter merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam video game, untuk menjadikan game semakin menarik, karakter dan NPC (Non Playable Character), salah satunya musuh dalam game harus dapat meniru sifat atau perilaku manusia dalam dunia nyata. Untuk melakukan hal tersebut diperlukan kecerdasan buatan pada karakter NPC (Non Playable Character) pada musuh yaitu kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) yang menggunakan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada karakter musuh agar dapat mendeteksi keberadaan player. Dalam perancangan game ini, penulis menggunakan aplikasi berupa Unity3D dengan bahasa pemrograman C#. Penulis dalam membuat game ini menerapkan metode kecerdasan buatan Finite State Machine yang menggunakan 3 hal yaitu keadaan, kejadian, dan aksi, untuk menentukan aksi dengan jarak player ke musuh. Hasil pengujian game Lost in Space yang telah dilakukan menunjukan bahwa fungsi yang terdapat pada game dari menu utama hingga level 1 dan level 2 dapat berhasil. Metode kecerdasan buatan Finite State Machine yang diterapkan pada musuh, dapat mendeteksi keberadaan player dan menghasilkan output yang dapat menentukan aksi apa yang akan dilakukan oleh musuh. Kata kunci : Game, Unity3D, Finite State Machine, Non Player Character

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game, Unity3D, Finite State Machine, Non Player Character
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 13 Jul 2019 04:21
Last Modified: 13 Jul 2019 04:21
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item