ANALISIS KELAYAKAN PEMBANGUNAN JEMBATAN PENYEBERANGAN MUARA TEWEH – JINGAH

Rahman, Laode Abd (2017) ANALISIS KELAYAKAN PEMBANGUNAN JEMBATAN PENYEBERANGAN MUARA TEWEH – JINGAH. Masters thesis, ITN MALANG.

[img] Text
TESIS LAODE ABD. RAHMAN (15121023).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Laode Abd Rahman, 2017. Analisis Kelayakan Pembangunan Jembatan Penyeberangan Muara Teweh – Jingah Pembimbing : (1) Dr.Ir. Subandiyah Azis,CES. (2) Ir. Bambang Wedyantadji, MT. Dalam pendekatan kebijakan pemerintah khususnya penanganan infrastruktur di Kabupaten Barito Utara akan dilakukan Uji kelayakan terhadap rencana Pembangunan Jembatan Penyeberangan MUARA TEWEH – JINGAH dari aspek teknis, dan analisis ekonomi, dan merupakan prasarana jembatan untuk pejalan kaki dan kendaraan Roda dua yang akan menghubungkan khususnya daerah Muara Teweh – Jingah sehingga memudahkan penduduk untuk saling berinteraksi yang diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih banyak khususnya bagi kegiatan sehari hari masyarakat penduduk di lokasi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan dan keperluan dibangunnya Jembatan Penyeberangan MUARA TEWEH – JINGAH Penelitian ini menggunakan pendekatan Survey Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan pembangunan jembatan penyeberangan Muara Teweh – Jingah ditinjau dari aspek teknis dan aspek ekonomi dan budaya adalah secara aspek teknis dapat dilihat berdasarkan penilaian yang dilakukan terhadap ke 4 lokasi alternatif maka di dapatkan hasil bahwa lokasi alternatif C memiliki nilai paling tinggi dan layak untuk dijadikan lokasi pembangunan Jembatan Penyeberangan; Secara aspek ekonomi dan budaya menunjukkan bahwa masih bisa terkendali sesuai analisis diatas dan masyarakat sekitar lokasi rencana Pembangunan Jembatan Penyeberangan.dapat menerima adanya lokasi tersebut dan menunjukkan pula bahwa pembangunan pada suatu daerah mampu memberikan dampak-dampak yang dinilai positif. Aspek keuangan Nilai Benefit Cost Ratio sebesar 1,676 yang lebih besar dari 1,0, maka proyek pembangunan Alternatif jembatan C telah layak untuk dibangun dan Hasil NPV dari rencana pembangunan jembatan pedestrian di lokasi alternatif C dikatakan layak secara ekonomi karena menghasilkan nilai NPV Rp. 1.177.587.263.141,- yaitu lebih besar dari 0 dengan masa analisis sepanjang 30 tahun operasional Jembatan C tersebut. Dilihat dari nilai IRR menunjukkan bahwa tingkat keuntungan pelaksanaan pembangunan Jembatan C tersebut selama 30 tahun diperkirakan mencapai 48,64% > tingkat suku bunga yang berlaku pada saat ini yaitu sebesar 12% (Tahun 2015). Sehingga pembangunan Jembatan C tersebut layak untuk dilaksanakan. Kata Kunci : Jembatan, MuaraTeweh - Jingah, IRR, NPV, BCR

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jembatan, MuaraTeweh - Jingah, IRR, NPV, BCR
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Sipil S2 > Teknik Sipil S2(Tesis)
Depositing User: haning haning
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:35
Last Modified: 23 Jul 2019 03:35
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3644

Actions (login required)

View Item View Item